5 cm The Movie

Setelah kurang lebih dua tahun “berdarah darah” menawarkan 5 cm ke beberapa Production House. Dihari dimana kelelahan itu datang, keyakinan yang ada pun mendapat jawabannya. Sebuah hadiah besar bagi 5 cm dapat bekerjasama dengan salah satu production house yang telah melahirkan ratusan judul film dan telah malang melintang selama puluhan tahun di Indonesia.

Pada tanggal 3O Oktober 2008, PT SORAYA INTERCINE FILMS membeli hak produksi dan hak peredaran film  novel 5cm untuk diangkat ke layar lebar.Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak SORAYA INTERCINE FILMS atas kepercayaan yang telah diberikan. “Paket” kebahagiaan itu bertambah saat mereka juga memenuhi keinginan besar saya untuk  pengambilan gambar langsung di puncak Mahameru. Sebuah keinginan besar yang memerlukan perjuangan panjang, karena saya sebelumnya sempat menolak beberapa production house yang ingin memfilmkan tetapi tidak ingin mengambil gambar langsung di puncak Mahameru.

Treatment dari  5cm the Movie akan berbeda tentunya, setelah beberapa kali saya dan produser menghabiskan berjam jam ngobrol kesana kemari dengan topik yang membuat kening berkerenyit. Akhirnya kami memutuskan suatu hal yang sederhana,  kembali ke akar mengapa sebuah film ada dan memberikan sesuatu bagi penontonnya.  5 cm  akan menjadi sebuah film yang menginspirasi, menghibur, menebar tawa dan  memberikan sesuatu kepada mereka di malam yang indah bersama teman, sahabat,  pacar ataupun keluarga.

Saat ini SORAYA INTERCINE FILMS sedang melakukan survey ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa timur,  dan sekaligus mengumpulkan orang orang terbaik untuk bekerjasama membuat film ini.

Saya sendiri sedang mencoba membuat skenario adaptasinya  sendiri, walaupun tantangannya tidak semudah yang saya kira karena novel dan film adalah dua media yang sangat berbeda. Saya harus menemukan irisan dimana kedua media ini menemukan struktur yang dinamis dan membangun satu sama lain.

Dengan segala kerendahan hati, saya meminta doa dan dukungannya dari teman teman agar proses produksi film ini dapat berjalan dengan lancar. Untuk pertama kalinya di Indonesia sebuah film akan mengambil gambar diketinggian 3676 m diatas permukaan laut, semoga tantangan yang ada dapat kita atasi bersama.