5cm-legacy, 24 December 2009 jam 13:12 wib

Catatan Perjalanan Mahameru

Dear Dreamers,

Ini adalah catatan perjalanan dari sahabat 5cm, bernama Adhi Kurniawan seorang Mahasiswa STAN, yang baru saja mendaki Mahameru pada September 2009.

Adhi menamakan catatan perjalanannya, catatan seorang biasa. Bagi saya ini catatan perjalanan yang  luar biasa. Terima kasih untuk Adhi yang telah berbagi pengalamannnya disini. Enjoy it… its Fantastic!

CATATAN PERJALANAN MAHAMERU BAGIAN I

Oleh : Adhi Kurniawan

MAHAMERU, KAMI DATANG!

Semeru, dengan puncaknya Mahameru 3676 m di atas permukaan laut, terletak di Malang dan Lumajang. Gunung tertinggi yang menjadi atap Pulau Jawa. Gunung yang menjadi impian bagi semua pendaki untuk bisa berdiri di puncaknya, Puncak Mahameru. Gunung yang konon katanya menurut kepercayaan Jawa Kuno, menjadi tempat bersemayam para dewa.

Keinginan mendaki Semeru ada sekitar tahun ke-2 aku menjadi anggota Pamitran Lelana Giri Jaga Bhumi, organisasi pecinta alam di SMA. Memasuki dunia kuliah, keinginan itu terlupakan. Pertengahan tingkat 1, aku pinjam buku dari seorang teman.,yupz.,”5cm” judulnya.,pasti udah banyak yang tahu.,buku luar biasa tentang persahabatan, petualangan, dan impian. Bahwa impian itu tidak berada jauh di atas langit sana.,tapi taruh 5cm di depan dahi.,agar kita bisa terus ingat dan terpacu untuk mewujudkan impian itu. Donny Dhirgantoro emang yoi! (mas qika dan dia yang hampir lembut hatinnya-nya mas qika jg.,he3)

Sejak membaca 5cm, tercatat 3 kali rencana pendakian ke Semeru gagal.

Terhambat masalah status siaga Semeru,persiapan teknis, maupun jumlah personil. Liburan Idul Fitri kemarin merupakan rencana ke 4 kalinya. Semua sudah fixed, kami berencana berangkat 6 orang. Namun, 2 minggu menjelang keberangkatan, 4 orang teman kami menyatakan berhalangan. Tinggal 2 orang tersisa. Aku dan Destiko. Berat juga, tetapi kami memutuskan untuk lanjut. Bukan bermaksud nekad atau sok berani,tetapi demi sebuah tekad dan niat dari awal, bahwa Semeru harus kami daki. Untuk menemukan pengalaman menakjubkan di atas sana. Satu lagi. Sebagai bukti eksistensi PLG Jaga Bhumi.,keluarga yang mengajarkan kami tentang solidaritas, kerja keras, loyalitas, dan rasa cinta kepada alam. Kami mendengar bahwa Jaga Bhumi akan divakumkan oleh pihak sekolah. Sebagai bukti bahwa Jaga Bhumi tidak akan pernah mati, selama bumi masih perlu kita jaga.

Hari Pertama
Kamis, 24 September 2009. Awal perjalanan kami. Berangkat dari Ambarawa jam 18.30, diantar Icang, Icha, Meytha. Sunggguh, sebuah kebersamaan yang memberi semangat tersendiri. Sampai di Poncol jam 20.00, beli tiket KA Matarmaja 28rb, dapat tiket berdiri.,gak masalah.,yang penting sampai Malang. Karena kereta baru berangkat jam 01.00, kami memutuskan untuk keliling Semarang dulu.,foto2 di Simpanglima dan Lawangsewu.,

Matarmaja (singkatan Malang-Blitar-Madiun-Jakarta) tiba di Poncol jam 01.00.,wow.,penuh berjubel!! Sama sekali tidak ada tempat di dalam gerbong. Apalagi tas carrier kami besar. Kami semula mengira penumpang ke arah Malang tidak begitu padat karena seharusnya arus balik menuju Jakarta. Kami akhirnya berdiri di depan toilet.,tepat di samping pintu gerbong.,berbahaya.,tapi tidak ada pilihan lain. Semarang-Malang kami tempuh dalam keadaan seperti itu.

Hari Kedua
Jumat, 25 September 2009. Kereta berhenti sebentar di Jebres, Solo lalu lanjut lagi sampai di Madiun sekitar jam 05.00, lanjut ke Blitar, sampai di Stasiun Malang jam 11.30. Lelah, panas, lapar. Kami ‑­
memutuskan untuk langsung ke Terminal Arjosari (naik angkot AMG, 2500) lalu lanjut ke Terminal Tumpang (angkot TA, 7rb). Tumpang adalah checkpoint awal sebelum naik ke Ranupane. Kami solat Jumat di mesjid Tumpang, sekaligus memohon kemudahan, kelancaran, dan keselamatan dalam pendakian. Lalu makan siang sebentar (2 mangkok soto+2 teh manis+4 mangkok es buah hanya seharga 18rb.,wuihhhh.,mak nyuz!). Jam 14.00 kami berangkat ke Ranupane naik jip yang berisi 16 orang.,di jip inilah kami bertemu rekan seperjuangan yang selanjutnya menjadi satu tim (Angga, Herman, Tono).

Kami berhenti di posko Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk mengurus perizinan. Di sana kami juga harus menandatangani surat pernyataan bermaterai yang isinya pendakian hanya diizinkan sampai Kalimati dan apabila melanjutkan ke Arcopodo dan Puncak Mahameru, pihak TNBTS tidak menanggung resiko apabila terjadi kecelakaan. Bagaimanapun, resiko pasti ada dan harus dihadapi. Kami kembali meluruskan niat dan membulatkan tekad.

Kami sampai di Ranupani jam 17.00, mengurus surat perizinan (lagi). Perizinan di Semeru memang cukup ketat dan biayanya juga lumayan mahal dibandingkan dengan gunung lain. Dibandingkan dengan gunung-gunung lain yang pernah aku daki, basecamp Semeru adalah yang terbaik, baik dari fasilitas maupun kelengkapan lain. Ada parabola, pemancar radio, PC, bahkan layar monitor plasma LCD 22 inch. Mantap!! Jadi malam sebelum tidur, ada teman kami yang sempat nonton bioskop TransTV. Di gunung. Yeah. Wajar, karena Semeru masuk dalam TNBTS. Jadi ada anggaran dana untuk menyokong.
Evaluasi bagi gunung-gunung di Jawa Tengah (Ungaran, Merbabu, Merapi, Lawu, Sindoro, Sumbing, Slamet) seharusnya lebih memperketat perizinan dan regulasi agar konservasi di gunung bisa terjaga.

Untuk perizinan, hampir mencapai 20rb. Awalnya kami berlima berniat langsung memulai pendakian malam itu juga hingga ke Ranu Kumbolo. Tapi petugas menyarankan agar pendakian ditunda, karena medan di malam hari kurang bersahabat, jalur pendakian sulit dikenali dan cuaca juga sangat dingin. Kami patuh. Lalu kami mencari lokasi bermalam. Dapat tempat di pondok pendaki di tepi Ranu Regulo. Ranu Regulo adalah danau persis di samping danau Ranupane.

Di pondok kami menggelar matras, menyiapkan SB dan baju hangat, serta memasak ala kadarnya. Sariwangi + susu bendera + coklat batangan. Cukup menghangatkanar dan memberi energi secukupnya. Kami pun berangkat tidur sekitar pukul 20.00. Aku memakai kaos dobel dan jaket dobel, kaos kaki, sarung tangan, balaclava, masker. Awalnya dinginnya terasa wajar (kami lihat suhu terakhir di basecamp adalah 17 drajat C). Namun, semakin malam dingin semakin tak wajar. Secara tak sadar aku menggigil keras. Sukar ditahan. Saat itu sekitar jam 02.00. Benar-benar dingin. Aku mencoba tidur lagi, terbangun jam 04.00. Saat itu dingin benar-benar tak tertahankan lagi. Aku memilih tidak tidur lagi, karena lebih baik menahan dingin dalam keadaan terjaga daripada dalam keadaan tertidur.

Jam 05.00 langit mulai terang. Ketika kami keluar, ada kristal-kristal es yang menempel di dedaunan. Di permukaan Ranu Regulo, uap menguar dari permukaan danau seperti asap. Brrrr.,bisa dibayangkan betapa dingin udara saat itu. Jam 06.30 saat mengecek ke posko pendakian, suhunya 9 drajat C. Berarti suhu semalam bisa mencapai 4 drajat C, atau mungkin di bawah itu.

Aku jadi berpikir.,mungkin ini adalah ucapan selamat datang dari Semeru.,sekaligus tantangan.,”apakah kau akan terus berjuang demi mimpi dan tekadmu, anak muda?”.,memastikan bahwa kami siap untuk petualangan-petualangan selanjutnya.,dan aku jawab dalam hati.,”YA.,demi sebuah mimpi, harapan, dan hati”

(bersambung : Kaki yang Melangkah Lebih Jauh, Tangan yang Berbuat Lebih Banyak, Mencapai Ranu Kumbolo, Menggapai Kalimati)

Get a Trackback link

73 komentar

  1. depri, 24 Dec 2009:

    pengen banget!!
    pengen bisa nyusul buat nyentuh puncak mahameru!!
    keep dreaming!!

  2. Mahadian, 24 Dec 2009:

    sebegitu dahsyat perasaan orang2 yg udah bisa mencapai puncak mahameru.
    pantes adeknya ibuku bangga banget waktu bisa sampai puncaknya. sayang aku ga pernah dapet izin ayah buat ikut pendakian.
    you rock guys!

  3. oemar, 24 Dec 2009:

    kok udahan,, lanjutin dong,, lanjutin,,

  4. ian, 25 Dec 2009:

    andai aku jadi kesana mendampingimu, boi…
    hagaghaga…
    Sukses untukmu selalu,Dhi…

  5. indah faruk, 25 Dec 2009:

    ::
    beruntunya yang bisa kesana…
    andai bisa ikutan ^^
    tapi kapan yak?

  6. lele, 25 Dec 2009:

    ahh saya dari dulu pengen berdiri di sana. di puncak para dewa

  7. iyan takeru dimitri, 26 Dec 2009:

    wah keren bgt puncak mahameru..
    udah saya buktikan di puncak mahameru memberikan kedamaian bg pendaki

  8. adhi kurniawan, 03 Jan 2010:

    makasih bang donny.,udah nge-post tulisan ini.,he3

    buat temen2.,sayang nih.,sampai maret 2010 semeru ditutup bwt pendakian.,jadi mungkin abis itu lg bisa ke sana.,hikz

  9. lobertus tri suhartono, 07 Jan 2010:

    wah akhirnya di publiskasi jg..jd terharu..thnx bang dony..inisial nm “tono”

  10. cebee, 07 Jan 2010:

    keren.. kerennn sekali di..

    sukses buat tekat dan mimpi kamu ya…
    salam jaga bhumi!

  11. Ramson, 07 Jan 2010:

    Wow… jd penasaran nih ama cerita berikutnya… knp bersambung sih?? ^^
    Btw its a Nice story.. Lanjutkan!!

  12. Sulistiyono, 09 Jan 2010:

    weleh weleh sama mas, jum’at malam harus ngecamp di ranu pane, wktu itu kita tgl 18 Juli 2009. lanjut cerita apa masih sama hehe

  13. ruri, 09 Jan 2010:

    mana lanjutannya nih???
    huhuu.. pengen kesana juga.

  14. abalz, 15 Jan 2010:

    suatu saat nnti kan ku injakan kaki ku di puncak MAHAMERU

  15. eka, 17 Jan 2010:

    menunggu cerita selanjutnya….

  16. tina, 21 Jan 2010:

    pengen baned ngerasain sensasinya…kapan yah bisa kesana…

  17. LoveLy, 27 Jan 2010:

    mantaabbbsss…ditunggu Lanjutannya!! ^^
    btw, peNasaran kLo pas di gunung sHOLatnya pada Dmn??

  18. ranis, 28 Jan 2010:

    keren, musim pendakian taun ini harus kesana!, ada yang mau ikut?

    @ Lovely : sholat mah sholat ajah, yang penting niatnya bener, ai kiblat mah kan bisa diliat dari kompas :D

  19. mya, 29 Jan 2010:

    keren! Luar biasa… q dah berkali-kali baca novelx.. gak pernah bosen.. hingga akhirx q berhasil memiliki novelx..

  20. nuy, 29 Jan 2010:

    keren..
    aku juga dah berkali-kali berencana k mahameru..
    dari semenjak baca novel “5cm” (2005) ampe sekarang..
    wkakaka..

    semoga tuhan mengizinkan rencanaku ini.. untuk menikmati keindahan ciptaannya..
    amin..

  21. tom, 30 Jan 2010:

    aq ga pengen cuman baca cerita ini,suatu saat nanti aq yang akan bercerita disini.

  22. Fie, 30 Jan 2010:

    MAHAMERU..suatu saat akan kuinjakkan kakiku disana!!
    @ ranis : boleh ikut???

  23. ipho ( fathichah), 31 Jan 2010:

    edan keren,,saya jadi bertekad ingin ke mahameru,,,sama temen2 PA yg lainya,,amin..

  24. Andi, 02 Feb 2010:

    great job & congrat sob, blm tentu smua orng bs ngrasain apa yg kalian rasa pas d puncak sana, itulah salah satu rahasia sang pencipta…abis Semeru,Jayawijaya dong…gud luck 2 ya’ll…

  25. lely lee, 05 Feb 2010:

    siip..tul bgt..
    mkir emg baek..pi kbanyakan mikir tanpa aksi ttep gag bkal membawa hasil nyata…

    slut buat kk adhi yg uda brani ngejar mimpinya…

    lanjutkan..ok2 ^^

  26. hOvaH doLpHiniQuE, 05 Feb 2010:

    yanG maU ke maHameRu iKutaN duNk,,,
    aJak aKu..
    tP baGi peMuLa saNgguP ga yah??
    ga aDa pnGaLaMan menDaki gUnunG soaLnya..

  27. Neno Chan, 07 Feb 2010:

    LIke this very much….^^

  28. Sulistiyono Su'i, 12 Feb 2010:

    ayo ayo yg berencana ke mahameru bulan mei, silakan kontak aku yono_ef@yahoo.com kan kita bisa bareng menuju ranu kumbolo ato mendaki pasirnya mahameru…..hehe

  29. Queeningsi, 14 Feb 2010:

    Catatan para pendaki bwt aQ pnsaran pngen jg rasain gmana bangganya bs kepuncak t’tinggi dipulau jawa… Stlah bca 5cm aQ t’ingat 4 shbatku………..Luv U all Best Friends Foreverku…..

  30. Firdaus Hasan, 18 Feb 2010:

    mantabb…nice pict! lanjutkan ‘berpenetrasi’ dengan puncak2 tempat bersemayamnya para begawan2 suci perapal mantera2 pawitra lainnya kawan…
    kerinci sepertinya oke untuk next trip!

  31. dapit, 22 Feb 2010:

    mantab!

    aku punya cerita ke mahameru juga, akhir nov 2009.. tapi malu dishare hehe.. go 5cm!

  32. Setyawan, 23 Feb 2010:

    wah keren . . .

    Mas Donny, saya punya saran gimana kalo novel 5 cm itu dicetak lagi. Kan sekarang udah rada susah nyari tuh novel, jadi bisa dibilang yaa buat anak-anak generasi sekarang yang mungkin belom ngebaca novel ini. Biar mereka tahu betapa indahnya negeri Indonesia ini.

    Hehe . . . Cuma saran doang ko . . .

    Sukses slalu ya mas. Makasih buat novel mas yang bener-bener indah. Hehe . . .

  33. Riizkii, 19 Mar 2010:

    gg tw deh, kta pa yg pntes d ungkapi..
    uuugh, keren, dahsyat..
    smoga, gw ma tmen” gw bsa ngrasain gmna pjuangan wat smpe k puncak tu, puncak MAHAMERU

  34. sarah, 24 Mar 2010:

    entah mngpa, rasanya jd pengen ke sana juga.. hahaha

  35. galuh, 29 Apr 2010:

    wow..
    mas adhiiiiii..
    saya masih ingat pas mas adhi lebaran ke rumah bu.lastri..
    so touchy!!!
    maxutnya adalah, mas adhi masih tetep silahturahmi dengan guru SMP mas Adhi,, padahal udah kuliah..

    dan sebagai anak smanssa,,
    saya dengan bangga mau bilang, smanssa tahun ini lulus 100% lagi..
    dan kami,,
    akan meneruskan perjuangan kami untuk membanggakan sekolah..
    hhohohohohoyyy!!!

    dream. faith. fight!!

    mahameruuu!!!
    kibarkan pesonamu!!!

  36. Fitria Handayani, 07 May 2010:

    duh… kapan ya nyusul… pengen banget bisa kesana…

    Mahameru!!!!

  37. ardita ks, 14 May 2010:

    kereeeennn… !!!!

  38. pory__, 01 Jun 2010:

    makameru..km adaklah kennangan tak terlupakan..apalgi da di puncakmu yang menjulang… ku jdi pingin menyentuh puncakmu untuk ke dua ..ketiga dan seterusx…

  39. wieke anggraeni, 19 Jun 2010:

    semeru sampai saat ini masih jadi mimpi terindah yg aku punya. berharap suatu saat nanti mimpi terindah ini bs terwujud dengan orang2 yg terkasih…aminn….ditunggu terus novel2 berikutnya…dan yg paling deket, ditunggu 5cm the movie nya….. :)

  40. cool, 24 Jul 2010:

    ini satu satunya perjalanan yang sangat mengagumkan i love indonesiaku

  41. oliph, 13 Aug 2010:

    hm….sumpah mas…novel mu kuereeeen puol…mpek kebawa mimpi….aduh…..pengen bgt rasa nya olip berada di novel itu…hehe

  42. jheed, 16 Aug 2010:

    doain ane gan,, abis lebaran ane mau menghirup udara mahameru…
    semoga jadi…

  43. sapta, 03 Sep 2010:

    hmmmmm jadi inget prjalanan q. 4-8 Juli 2010
    gag nyangka ,bisa sampe puncak. puji syukur aku panjatkan kehadirat Tuhan YMH. moga massih diberi kesempatan tuk ksana lagi. . amiiin

  44. Mew, 15 Sep 2010:

    AKu punya keinginan sekarang,,
    “Mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Mahameru Pada tanggal 17 Agustus”

    suatu saat nanti,,
    guys, semoga suatu saat nanti kita bisa bertemu di sana ya… ^^

  45. Moidady Doni, 15 Nov 2010:

    jadi ingat waktu ke mahameru,…..!!!!
    slam knal 4 penulis…
    kita satu kode etik boi..,

  46. chipitkuprit, 18 Jan 2011:

    sejak baca novel 5cm,,,keinginan bwt naek gunung semakin menggebu2,,,terutama k mahameru,,
    tp mpe skrg,,,cita2 n mimpi itu blm tercapai,,,
    tp alhamdulillah,,ud bisa sampe d puncak gede,,,

    semoga msh d beri umur n kesehatan agar bisa naek kpuncak mahameru,,,

  47. Toby, 01 Feb 2011:

    2011…da yg mau ke semeru kah?????..:D

  48. bojomu, 29 Mar 2011:

    oawalah…si awan yang pengen menggapai awan di puncak semeru, ceritanya seru… perjalanan demi perjalanan ditempuh, hanya satu tujuan, niat, berada di puncak semeru

  49. dewi, 19 Apr 2011:

    keren banget,,, kocakk,, di buat nangis aq…. kereennn seolah2 kita ikut berpetualang di mahameru…

  50. Yannad, 26 Apr 2011:

    Ya ampundt…..
    sumpah aqu pgendt banget sampe di puncak mahameru
    .
    suatu saat aqu bakal ada dsna
    amin

  51. dwiyanto, 29 Apr 2011:

    wuahhhh pengennnnnnnnn

  52. err, 10 May 2011:

    smoga bisa sperti.ny :)
    amin !

  53. Fetri Mardyani, 15 Jun 2011:

    Wah keren yah…
    Pantes banyak anak2 PA mw kesana :)

  54. azis fals, 16 Jul 2011:

    Nice story,, lanjutttttttt

  55. anna, 11 Aug 2011:

    wawowwwwwwwwww……
    kapan ya bisa lihat aslinya!!!!!

  56. Intan Deviana, 19 Sep 2011:

    Aku seneng bgd traveling, apalagi ke tempat2 yang dingin. Tapi seumur2 belum pernah yg namanya mendaki gunung. Gimana rasanya ya?
    Hope i can do it someday, amen ^^

  57. cobek, 26 Sep 2011:

    Subhanallah…..gw kangeeen bgt sama Mahameru…

  58. cobek, 26 Sep 2011:

    gw keinget bgt, gw duduk d samping pondok pendaki sambil ngeliatan awan tipis yang berarak melintasi permukaan ranu pane-regulo sambil minum coklat panas

  59. nevis, 02 Nov 2011:

    Mahameru! puncak para dewa..! sadarkan angkuhnya manusia…

  60. Rhina, 05 Nov 2011:

    ya ampuuuun mas Adhi…
    carita mas keren BANGET!!!
    salamt ya mas udah sampe ke PUNCAK MAHAMERU…

    udah mas Donny bikin novel 5cm yg bikin hati ini serasa terbakar u/ ke Mahameru, eh malah ada ceritanya mas Adhi….
    jadi tambah terbakarlah hati ku…

    Ranis: ikutan donk…. tapi saya masih pemula banget mas, blm ada pengalaman sama skali, tp insya Allah lapisan tekadq 1000x lebih keras dari baja (pinjam kata2x ya mas Donny)…

    Setyawan: iya nih, d Makassar juga udah lumayan susah. untung ada punya sahabat ku yang setengah mampus mempromosikan 5cm pada kami ber-8….

    Toby: SAYA!!! pengen banget nih….

  61. Moon Williams, 22 Jan 2012:

    wew makin excited buat nginjekin kaki dsana!!
    keep rock, mahameru tunggu aku !! haha

  62. rahmad, 07 May 2012:

    mahameru tunggu aku….. 5cm menggundangku.

  63. Anton, 07 May 2012:

    Tahun ini tahun 2012. Insya Allah mahameru akan kudaki untuk pertama kalinya. Tunggu aku !!! naimatur rofiqoh aku akan mengikuti jejakmu :D aku sangat merindukanmu adikku. semoga kamu membaca tulisanku ini. amin

    miss u so much :’)

  64. Yumpe Koko, 14 May 2012:

    Ceritanya semakin menambah rasa ingin pergi kepuncak mahameru .. entah kapan, insyaallah dengan iringan Allah, suata saat nanti bisa ke puncang ke Mahameru :’)

  65. Masyhuri, 22 May 2012:

    Begitulah teman. mahameru memang keren abis… Aku sudah menginjakkan kakiku di sana tahun 2007.. udah lama sekali 5 tahun. kangen juga pengen ke sana lagi.. tapi akhir-akhir ini ijin sedang di tutup karena aktivitas gunung.

    Ayo teman kunjungi mahameru. Saya jamin tidak ada rasa sesal setelah sampai di sana. yang ada rasa syukur atas keindahan yang tidak akan kamu bayangkan… bulatkan tekatmu 5cm didepan dahimu.. untuk pergi ke mahameru…

    Serukan “Mahameru I’m Cooming…”

    Aku juga sudah membaca 5cm.. menginspirasi banget.. Bagus.. 4 kali sudah aku baca. Karena aku mendaki lebih dulu daripada membacanya, buku itu mengingatkanku saat-saat aku berada di tanah tertinggi di pulau jawa itu… sungguh menakjubkan…

  66. renstanford, 20 Jun 2012:

    Jadi ingat dulu kami hanya berangkat bertiga dari surabaya, kemudian bergabung dengan 3 orang dari palembang, lalu 2 orang dari jember. jadilah kami satu tim 8 orang. Suasananya akrab, hangat, penuh kebersamaan, semangat dan jadi rame apalagi 3 tenda digabung pintu keluarnya jadi 1 .

    Salam buat Edo, novri dan andri dari palembang, rahmat dan adiknya (lupa namanya) dari jembet, salam dari kami Rendra, Irwan, Dipo di Surabaya. Kapan ketemu lagi broo??

  67. Rakas Urems, 22 Jun 2012:

    asyeek

  68. Wahyudin, 11 Jul 2012:

    September Mahameru…

  69. hardian astianingrum, 16 Jul 2012:

    assalamualaikum
    telat bgt saya baru baca buku 5cm sekarang. tp tetep aja ini buku mempesona saya. disaat saya ajuga baru mulai menyukai gunung sekarang.. terimakasih telah menginspirasi. buat mas adhi kurniawan, saya satu almamater sma dengan mas adhi.. trnyata anak jaga bhumi, sayangnya saya dlu bukan anak jaga bhumi. salam kenal mas

  70. Na'imatur Rofiqoh, 21 Sep 2012:

    Aku selalu merindukanmu, Mahameru. Selalu.

  71. mohamad rivai, 16 Dec 2012:

    kemarin ketemu gue nggak om? :p

  72. Umardertorsy, 01 Aug 2013:

    Kali ini apakah teman” udah ada lg yg nginjak puncak mahameru,,,,

  73. indra koerba, 21 Jan 2014:

    nice story mas, saya juga alumni STAN. Tahun 1999 saya naik Semeru bersama 2 org teman yang kebetulan anak STAN juga. Unforgettable memory.

    Barusan selesai baca buku 5cm, detil dan nyaris persis pengalaman saya dulu.

    Jadi pengen lagi ke Semeru

Beri tanggapan?