5cm-legacy, 23 January 2009 jam 4:35 wib

Cover Story Novel 5 cm, The Story Behind, The Dreams Beyond…

5 cm. di puncak Mahameru

 

5 cm.

Saya Tidak Akan Pernah Berhenti…
The Story behind, the dreams beyond..

Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja ,hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa”. <5 cm>

Sekitar akhir tahun 2003, saya masih ingat waktu dan tempatnya sore menjelang malam di Gramedia Blok M. Saya melihat tumpukan buku-buku baru dengan berbagai komen-komen dan desain yang menarik. Sesuatu terlintas di depan kening saya dan diam di situ untuk satu atau dua tahun kemudian; Sesuatu yang tiba-tiba datang dan diam itu hanya sebuah kalimat pendek.

 

“Suatu hari saya ingin melihat buku saya sendiri diantara tumpukan buku-buku baru itu”.

“Sesuatu” di depan kening itulah yang mengawali lahirnya buku pertama saya yang berjudul 5 cm.

Proses pembuatan 5 cm merupakan suatu proses yang panjang karena begitu banyak cemilan-cemilan pahit ataupun manis yang harus saya cicipi setiap hari,demi membangun sesuatu yang diam di depan kening saya-yang saya sendiripun tidak mau melepaskannya.

Mulai dari membaca berbagai buku melihat berbagai film yang harus saya cicil karena saya harus memberikan yang terbaik dari yang saya bisa untuk 5 cm. Dalam kurun waktu inilah baru pada akhir 2004  saya akhirnya mencoba menulis sedikit demi sedikit.

Kalimat yang pertama yang saya tulis adalah

Everytime I see you falling I get down on my knees and pray…I’m waiting for that final moment you say the word that I can’t say…

Sebuah lirik lagu Bizarre Love Triangle dari New Order, salah satu grup band dari Inggris favorit saya. Saya sendiri pun tidak tahu kenapa saya ingin menuliskan lirik lagu itu tetapi akhirnya saya dapat inspirasi untuk selalu menuliskan lirik lagu yang bagus dan menarik dalam pembuatan 5 cm. Kenapa? Karena banyak sekali kita dapatkan lirik-lirik lagu yang mempunyai arti yang hampir sama dalamnya dengan sebuah puisi.Sampai sekarang saya tidak tahu kenapa saya tidak memasukkan lirik diatas dalam 5 cm.

Terus terang satu hal yang membuat saya terus bersemangat untuk menulis adalah sebuah film yang menurut saya sangat menakjubkan yaitu Filmnya Gus Van Sant “Finding Forrester” yang dibintangi oleh Sean conerry sebuah film tentang seorang penulis bernama William Forrester yang hanya menulis satu buku “The Avalon Landing”. Dari film itu saya mendapat suatu quote yang menarik yang kurang lebih berarti “Kalau kamu mau menulis.. kamu menulis.. kamu jangan berfikir tapi kamu menulis…” Setelah itu saya pun mulai menulis tanpa berfikir apa yang akan saya tulis. Saya biarkan saja tangan saya mengikuti apa yang otak saya perintahkan dan terus sampai akhirnya dua bab selesai hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Dalam dua bab awal ini saya merasakan energi yang luar biasa untuk terus melanjutkan tulisan saya. Walaupun setiap hari saya harus tidur malam sekali karena banyak juga pekerjaan dari kantor yang harus saya selesaikan. Sebuah kebetulan juga mungkin, pada waktu-waktu ini pekerjaan yang harus saya hadapi dari kantor sedang tidak terlalu banyak dan saya pun hanya berstatus sebagai pekerja freelance sehingga banyak sekali waktu yang bisa saya gunakan untuk menulis. Pekerjaan saya sebagai seorang trainer/instructor di sebuah konsultan sumber daya manusia di Jakarta pun sangat membantu saya dalam mendapatkan berbagai ide-ide yang menarik tentang pengembangan diri. Pekerjaan saya yang menuntut saya harus banyak membaca buku-buku motivasional juga membuat saya lebih mudah untuk masuk kedalam dunia pengejaran mimpi, cita cita, dan keyakinan dalam 5cm.

Setiap hari apabila saya tidak pergi bertugas di kantor, saya menulis mulai dari bangun tidur jam 8 pagi sampai saya harus berhenti dan biasanya saat saya berhenti adalah sekitar tengah malam atau lebih. Jam tubuh saya jadi kacau. Besok paginya saya terus usahakan untuk bangun pagi dan berhenti sekitar tengah malam juga. Apabila saya harus pergi ke luar kota untuk melaksanakan pekerjaan kantor dan kadang kalau energi untuk menulis sedang kuat sekali saya terus menulis di laptop, atau di hotel saat senggang. Bisa dibilang 5 cm tidak hanya lahir dari komputer di kamar saya tapi juga dari beberapa training camp dan dan hotel hotel di luar kota Jakarta.

Saat saat terberat adalah saat memasuki bab-bab pertengahan, dimana saya banyak merasakan menemui jalan buntu dan tidak tahu harus kemana lagi. Disinilah titik balik yang sangat mengganggu pikiran saya sampai saya harus terus berfikir keras sekali untuk membawa cerita ke bagian yang terbaik, dan dengan kemampuan terbaik yang saya miliki.

Tetapi akhirnya saya bisa kembali ke energi saya setelah saya bisa menyatakan bahwa kebuntuan itu adalah sesuatu yang sangat biasa dan bukanlah sesuatu yang harus saya takuti. Saya bawa kebuntuan itu menjadi teman saya sehari hari akhirnya setiap hari saya bisa berteman dengan kebuntuan itu. Sehingga dengan seenaknya saya bisa menyuruh sesuatu bernama kebuntuan itu untuk pergi sebentar dari saya. Mungkin karena sudah begitu dekatnya saya dengan kebuntuan itu sehingga diapun kalau saya suruh pergi, dia nurut-nurut saja.

Beberapa kali untuk mengatasi kebuntuan ini sampai saya ganti nama folder 5cm dengan “Jangan Nyerah” ataupun “Ayo Don jangan nyerah..!!!”. Setiap kali saya lihat folder saya dengan kata kata itu walaupun terlihat mustahil saya terus tetapkan diri saya untuk tidak bisa menyerah. Bukan saya yang harus menyerah kepada kata menyerah.. Tetapi saya yang harus tahu kapan saya harus menyerah dan saya tahus. Saya harus tidak bisa menyerah… Saya harus punya buku.

Setiap kata dan kalimat saya mengalir begitu saja setiap hari dan begitu banyak ide ide serta jalinan cerita yang muncul setelah bab bab pertengahan yang menurut saya, saya pun tidak percaya kalau semuanya mengalir begitu saja dari tangan saya. Allhamdullilah saya diberi kekuatan oleh yang maha kuasa untuk selalu bisa memberikan yang terbaik setiap hari untuk penulisan buku saya ini.

Semenjak titik balik dalam bab pertengahan itulah, saya tanpa hambatan terus menulis sampai bab terakhir, sampai jalinan cerita yang saya bangun menjadi sesuatu yang saya tidak percaya kalau saya bisa membuatnya. Perjalanan dalam bab bab tengah sampai akhir penuh dengan berbagai kejadian kejadian dan kalimat kalimat yang saya sendiri tidak percaya saya bisa membuatnya. Allhamdullilah mudah mudahan saya tidak menjadi sombong karena semua ini.

Saat saat emosional yang membuat mata saya harus berkaca banyak sekali saya temukan dalam proses penulisan terutama dalam bab 5 “Don’t Stop Me Now” dan Bab 8 “A letter a heart to remember” pada saat menulis surat dari Deniek untuk Adrian sahabatnya yang harus meninggal di mahameru. Entah kenapa saya merasakan proses emosional yang luar biasa sekali, juga pada saat saya harus menuliskan arti dari 5 cm itu sendiri pada bab 9 “5 cm”, tidak tahu kenapa saya sering merinding. Mungkin karena saya orang yang sangat emosional.

Setelah sekitar kurang lebih dua bulan, 5 cm pun selesai dengan masih menyisakan energi yang berapi api untuk segera memberikan buku ini ke penerbit. Tapi kemana? Saya pun bingung sekali harus kemana karena saya sama sekali tidak punya kenalan atau koneksi dengan penerbit. Tujuan selanjutnya adalah telepon. Saya pun menghubungi 108, yang ada di otak saya waktu itu adalah adik saya punya buku Fira Basuki “Biru” yang di sampul depannya tercantum penerbit Grasindo. Saya pun bertanya ke operator untuk memberikan nomor telepon Grasindo, yang akhirnya saya dapatkan. Tetapi ternyata setelah saya telepon bukanlah nomor Grasindo tetapi nomor perusahaan lain yang namanya hampir sama. Saya bingung dan minta maaf kepada perusahaan itu karena saya sudah terlalu semangat..

Saya lihat bukunya Fira Basuki kembali, terus saya lihat lihat dan ternyata.. ah gobloknya saya ternyata di balakang terlihat jelas di kiri bawah no telepon dari Grasindo beserta alamatnya. Saya pun langsung telepon Grasindo dan mendapatkan respon yang baik. Saya pun langsung menjanjikan kalau besoknya saya akan langsung pergi ke sana. Masih ada tantangan selanjutnya apakah Grasindo mau menerbitkan naskah saya?

Esoknya setelah menyerahkan naskah 5 cm dari Grasindo, saya pergi ke Gramedia Pondok Indah Mall, saya melihat banyak sekali buku buku melihat banyak sekali penerbit penerbit lain yang ada di Jakarta. Saya pun sedikit tanya tanya dan akhirnya seorang dari Agro Media memberikan kartu nama dengan nama satu penerbit yang namanya banyak sekali tertera “Gagas Media”. Saya langsung menelepon Gagas Media dan berpikir akan lebih aman kalau saya punya dua alternatif jadi kalau satu ditolak saya bisa mengandalkan yang satu lagi. Esoknya saya pun pergi Ke Gagas Media yang saat itu berdomisili di daerah Depok.

Dalam kurun waktu satu bulan lebih melalui hubungan telepon ke sana kesini akhirnya Grasindo memutuskan akan menerbitkan novel saya dalam kurun waktu 3 bulan. Akhirnya saya pun setuju dan menarik naskah saya di Gagas Media yang ternyata sudah hampir satu bulan tidak pernah disentuh. Saya pun maklum dengan keadaan ini karena ternyata benar benar banyak sekali naskah yang masuk ke Gagas Media dan naskah saya masuk belakangan. Jadi saya harus antri panjang. Ego saya yang berbicara disini karena maklum penulis baru pasti sangat ingin novelnya cepat cepat diterbitkan. Hari itu saya senang sekali karena mendapat persetujuan dari Grasindo. Setelah hampir dua bulan lebih jumpalitan kesana kemari akhirnya saya akan mempunyai sebuah buku. Allhamdullilah.

Waktu tiga bulan untuk editing dan segala persiapan penerbitan sebuah buku merupakan sebuah penantian yang panjang. Setiap ada waktu senggang saya selalu pegi ke toko buku untuk belajar melihat lihat dan observasi untuk menambah pengetahuan saya karena sampai sekarang pun saya percaya bahwa saya belum jadi apa-apa di dunia perbukuan saya masih anak bawang yang punya mimpi menjadi penulis. Melihat lihat buku, melihat lihat kavernya bertanya tanya tentang lika liku buku, dan percetakan. Saya terus belajar untuk terus tahu sampai hal sekecil kecilnya dari sebuah buku. Dalam hal ini saya berterima kasih atas kesabaran editor saya, Mas Bimo dari Grasindo sekaligus mohon maaf karena kalau saya datang ke Grasindo pasti jadinya lama sekali karena saya sadar, saya cerewet sekali.

Satu bulan terakhir sebelum terbit ada lagi tantangan yang harus saya hadapi karena mungkin saya orangnya sangat perfeksionis <saya membenci sifat ini, sekaligus Mensyukurinya>. Hampir satu bulan saya dengan teman baik saya yang membantu saya membuat kaver 5 cm harus “berantem” dengan ide ide untuk kaver yang terbaik yang bisa kita berikan untuk 5 cm. Setelah saya dan dia pun bingung. Mungkin kalau bukan karena persahabatan yang sudah terjalin sangat lama kita sudah berantem, karena kira kira hampir tujuh sampai sepuluh desain yang dia buat dengan kerja keras tidak ada yang cocok buat saya. Akhirnya… saya masih ingat momennya.. Dia meninggalkan saya di depan computer dengan kaver hitam polos dan tulisan 5 cm.. Saya masih ingat dia bilang “udah deh lo tulis disini… apa yang lo mau, semua yang lo mau buat 5 cm”.. Setelah itu dia pergi main playstation meninggalkan saya sendirian di depan komputernya. Saya pun mulai menulis dan saat menulis untuk kaver itu, saya merasakan kekuatan yang tidak saya bisa tahan untuk membuat mata saya berkaca-kaca. Semua yang saya tulis di kaver itu membuat saya menjadi sentimental. Allhamdullilah semuanya mewakili harapan harapan saya untuk 5 cm. Untuk ini saya sangat berterima kasih untuk Bayu, teman sekaligus sahabat terbaik saya yang telah mempunyai proses kreatif yang begitu hebat. Kita pun akhirnya menemui kata sepakat untuk kaver dan Allhamdullillah respon yang sangat baik saya dapatkan dari Grasindo dan dari para pembaca, banyak yang bilang kaver 5 cm sangat pas dan representative dari segi seni maupun marketing.

Setelah penantian yang cukup lama, 5 cm pun lahir pada 21 Mei 2005, hari itu saya senang sekali bisa melihat buku saya di toko toko buku di Jakarta. Saya sering pergi ke toko buku untuk observasi dan mengamati siapa saja yang membeli buku atau sekedar melihat lihat saja. Satu hal yang sering saya bingung dan sesali kadang saya sedikit gemas kalau melihat ada 5 cm yang belum dibuka plastik nya untuk bisa dilihat lihat dalamnya, tetapi setelah Grasindo bilang memang seharusnya ada satu buku yang dibuka akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka plastik 5 cm di setiap toko buku yang plastik 5 cm nya belum dibuka. Supaya pembaca bisa melihat ke dalamnya dan lebih tertarik. Sedikit bandel memang, tapi ini saya yakini sebagai salah satu bentuk dari usaha saya.Walaupun nanti resikonya bisa kena marah orang toko buku. Sekali lagi itu saya yakini sebagai salah satu bentuk usaha saya. Untuk toko buku yang plastik 5 cm nya pernah saya buka saya mohon maaf.

Saat pertama kali terbit frekuensi saya ke toko buku sering sekali sekedar untuk belajar, melihat, membuka plastik atau membeli buku, saya memang sering ke toko buku tapi saat ini frekuensi saya meningkat tajam. <Saat itu saya sadar kalo saya orang yang sangat norak, Penulis anak bawang baru punya buku>. Sesuatu yang agak mengejutkan juga terjadi saat saya melihat stok 5 cm di beberapa toko buku hanya dalam kurun waktu satu dua minggu pertama sudah mulai menipis. Saya terus bersyukur atas anugrah ini. Sampai akhirnya hanya dalam waktu kurang dari dua bulan 5 cm sudah mulai memasuki cetakan ke dua.

Banyak sekali pengalaman berharga yang tak tergantikan dalam proses kelahiran 5 cm satu satunya adalah saat tenaga waktu pikiran dan materi saya menipis untuk menulis hampir 16 jam setiap hari, bolak balik jumpalitan kesana kemari sekedar untuk belajar lebih banyak lagi. Pada saat itu saya sadar bahwa semua ini kecil sekali dibandingkan dengan apa yang Insya Allah bisa saya berikan ke orang lain dengan adanya 5 cm, sampai pada satu titik saya sadar bahwa semuanya tidak ada apa apanya dibandingkan dengan kalau saya bisa membuat orang lain bisa belajar banyak dari 5 cm, bisa tertawa karena 5cm, bisa melangkah lebih jauh dan punya 5 cm di dalam dirinya. Semuanya itu adalah impian saya sekarang kalau 5 cm bisa membuat orang lain dengan ijin yang maha kuasa menjadi orang yang lebih baik, menjadi orang yang bisa bernapas lebih lega, bisa keluar dari zona nyamannya untuk mencapai impian dan cita citanya. Saya rasa itu sudah merupakan kepuasan di dunia ini yang tak bisa tergantikan dengan apapun. Dengan ijin yang Maha Kuasa saya sangat berterima kasih kalo 5 cm bisa memberi manfaat bagi orang lain dengan cara apapun.

Saya masih ingat waktu dan tempatnya sore menjelang malam di Gramedia Blok M .Saya melihat tumpukan buku buku baru dengan berbagai komen komen dan desain yang menarik. Sesuatu terlintas di depan kening saya dan di diam disitu untuk satu atau dua tahun kemudian sesuatu yang tiba tiba datang dan diam itu hanya sebuah kalimat pendek “Suatu hari saya ingin melihat buku saya sendiri diantara tumpukan buku buku baru itu”.

Saat 5 cm pertama kali terbit senang sekali melihat buku saya di Gramedia Pondok Indah Mall diantara barisan buku2 baru/New Arrival, saya melihat ke tumpukan di sebelahnya tumpukan buku buku best seller. Sesuatu terlintas di depan kening saya dan diam disitu, hanya sebuah kalimat pendek..

“Suatu hari saya ingin melihat buku saya sendiri diantara tumpukan buku buku best seller itu”

Sampai akhirnya di tahun 2006, 5 cm sudah berada di tumpukan buku buku best seller. Allhamdulillah.

Banyak email dari pembaca yang masuk meminta saya untuk 5 cm diangkat ke layar lebar. Saya juga penggemar film , dan waktu itu saya  ingat sekali waktu dan tempatnya  di bioskop di pondok indah mall, sehabis menonton sebuah film. Saya terdiam melihat layar putih bioskop. Dan begitu saja kembali  sebuah kalimat pendek itu pun muncul kembali di depan kening saya. “Suatu hari, saya ingin melihat film 5 cm. ada di bioskop.”

Mulai tahun 2007 pun saya mulai “bergerilya” menawarkan novel saya ke beberapa Production House, saya tanya-tanya, googling  cari-cari alamatnya dan kontak person.  Saya bikin story line yang simple, Saya minta waktu ketemu. Beberapa PH menolak, ada yang mau bertemu dengan saya tetapi mereka concern dengan setting cerita yang harus shooting di puncak tertinggi Jawa, karena belum pernah ada yang produksi film disana. Ada juga PH yang memberikan alternative untuk mengganti setting puncak mahameru dengan sebuah bukit dekat Jakarta . Dengan berat hati saya menolak, karena setting film 5 cm harus di Puncak Mahameru, seperti cerita di novelnya.

Setelah sedikit lelah, akhirnya saya  break sebentar,  memutuskan tahun depan saya akan berjuang lagi untuk film 5 cm. selagi break itulah tiba-tiba ada telepon dari pihak Soraya Intercine Films. Mereka sudah membaca 5 cm ,  meminta bertemu dengan saya untuk membahas novel 5 cm untuk dijadikan film. Saya sudah siap-siap dengan pernyataan: “kalau shooting 5 cm  harus di puncak mahameru, tidak bisa ditawar lagi”.  Akhirnya seteleh bertemu, ternyata dari pihak Soraya Intercine Film yang lebih dulu mengeluarkan statement itu “Kita mau filmkan 5 cm dan kita mau shooting di puncak Mahameru.” Allhamdulillah, kita tanda tangan kontrak pada Oktober 2008 dan langsung  memulai proses pra-produksinya.

Dengan segala kerendahan hati dari seorang yang baru dan masih berjalan bertelanjang kaki dalam dunia tulis menulis saya menyimpulkan bahwa totalitas dalam segala hal demi mengejar mimpi dan cita cita adalah yang bisa membuat novel 5 cm ada . Bahwa seperti ditulis dalam 5 cm, kekuatan mimpi dan cita cita serta doa adalah segalanya bagi setiap usaha yang dilakukan setiap manusia. Selalu memberikan yang terbaik kepada kehidupan dengan apa yang terbaik yang kita miliki setiap hari, dan selalu punya impian dan cita cita di dalam hidup kita sebagai salah satu cerminan rasa syukur kita kepada yang Maha Kuasa. Dan Saya, Allhamdulillah harus menjalani proses itu. Bagi saya, Allah mengajarkan ke saya kalo saya jangan cuma bisa menulis aja, tapi harus bisa memperjuangkan apa yang saya tulis. Allhamdulillah.

Tidak sedikit email dari seorang pembaca yang bercerita tentang bagaimana 5 cm telah mengubah hidupnya dan membuat dia lebih berani melangkah ke kedepan, dan bagaimana karena 5 cm dia merasa bahwa kita harus bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan, karena masih banyak orang kurang beruntung dari pada kita, atau juga beberapa orang teman yang telah bisa melangkah lebih mantap karena sekarang ada 5 cm di dalam dirinya. Juga dari beberapa teman di milis yang bilang bahwa dia semakin dekat dengan sahabatnya karena 5 cm. Bagi saya tidak ada hal yang bisa lebih membahagiakan saya di dunia dari pada semua hal diatas.

Bersama ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelahiran 5 cm, dan bagi semua pembaca yang telah meluangkan mata, waktu, dan hatinya untuk 5 cm.

Dan memang seperti saya tulis di 5 cm salah satu saat terindah bagi seorang manusia adalah ketika sebuah mimpi telah selesai dan menjadi kenyataan. Sekali lagi sebuah mimpi menjadi kenyataan dan 5 cm adalah salah satu mimpi itu. Walaupun saya sadari saya masih harus lebih banyak belajar. Saat ini, saya punya sebuah buku, sebuah karya cipta.

Sekarang mimpi saya telah selesai dan menjadi kenyataan… Saya berpikir kapan saya akan berhenti memberikan yang terbaik dari diri saya bagi 5 cm?

Setelah berpikir saya memutuskan… Saya tidak akan pernah berhenti dan tidak mau berhenti memberikan yang terbaik bagi 5 cm dan bagi apa saja yang saya lakukan di kehidupan ini setiap hari. Saya akan terus memberikan kehidupan yang terbaik dari diri dan saya tidak akan pernah berhenti.

Semoga ALLAH SWT mengijinkan bagi seorang yang masih banyak sekali kekurangan dan masih harus belajar lebih banyak lagi ini. Amin.

“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa”. (5 cm)

Terima kasih.

Get a Trackback link

119 komentar

  1. budhikw, 23 Jan 2009:

    membaca story ini, saya jadi tertarik untuk membaca 5cm…

    Salam
    budhikw.wordpress.com

  2. limacentimeter, 25 Jan 2009:

    selamat membaca mas!
    Abis itu nonton filmnya…

    Regards,
    Donny

  3. reiy, 27 Jan 2009:

    gw tunggu filmnya bang …

    sukses slalu ^^

  4. nia lestari, 29 Jan 2009:

    baca tulisan ini,,, rasa penasarn saya seton lalu ttg bagaimana sang penulis bisa melahirkan karya seperti ini terjawab sudah

    saya bagian dr org yg bisa berubah karena 5 cm,,, mw naek gunung (tp kuyus) inget zafran
    kemarin lg skripsi butek (inget ian)
    lg dger ttg korupsi di indo (inget suratnya alm adrian)
    lg males (inget, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yg berguna bagi orang lain)

    atw ……

    masih byk alasan lainnya

    sampai saat ini, saya selalu mengajak orang bwt baca 5 cm

    tanggapannya ” kapan filmnya ” atw nggak jarang denger ” luar biasa”

    awalnya cuma nyewa di taman bacaan samapi akhirnya saya putuskan utk memiliki (koleksi klo lg nggak mood) tp di kotaku tercinta udah nggak ada (maklum baru tw ada tuh buku 2007) nggak ada stok lg

    akhirnya pesen ama temen di jakarta,,, temen ku yg lainya juga pesen
    akhirnya kita pesen KHUSUS rame-rame di gramedia

    bwtku 5 cm lebih dr sekedar buku,,, byk pelajaran didalamnya

    mas naek gunung bareng pengemar 5 cm dunk…. hehehe

  5. limacentimeter, 29 Jan 2009:

    aduh…merinding baca commentnya..
    thanks ya udah baca 5cm..
    thanks juga udah promosiin 5 cm..
    Seneng bisa bermanfaat…

    naek gunung.. iya rencananya ada EO yang mau bikin napak tilas 5 cm tuh…
    tapi updatenya belum tahu kapan…

    kok 5cm di kotanya udah nggak ada? emangnya tinggal dimana?
    padahal cetak ulang terus…

    Regards

  6. oedaandi, 29 Jan 2009:

    waw waw,klo jadi film kren dunk::::::
    gw paling suka ama novelnya…
    walopun gw ga kebagiaan bukunya, ntar launcing filmnya,gw dikasih tket gratis ya:he:::;
    cerita novelnya,ga jauh beda,ama kisah persahabatanku,,
    cu ,,all..

  7. uLizz, 29 Jan 2009:

    waahh…!!
    maz donny…!!!

    pgn buru” ke T.O…
    mo cpt” nnton ‘5 cm’nya….

    kpn neh maz…film slsae dGarap..???dah nd sabar Q nunggux…

    ^^

  8. Jevo, 29 Jan 2009:

    udah baca dari cetakan pertama…:D

    wah bakal difilmkan ya…
    mantap deh.
    dahsyat tuh ntar shooting di Semeru…

    kontak2 ya kalo shooting….aku di Malang kok.
    gpp deh jadi figuran…hehe…

  9. limacentimeter, 29 Jan 2009:

    Siip, kasih tau dong siapa yang pantes jadi mereka berlima
    kalo selesainya nggak tau kapan, baru proses skenario dan casting…
    rencananya sih akhir 2009 udah selesai..tapi tergantung cuaca di mahamerunya..
    doain aja ya friends supaya lancar..

    amin..

  10. footprint1980, 30 Jan 2009:

    waah.. ada blognya… gue suka banget ama bukunya, banyak pesen tapi kemasannya menarik banget.. inspirasional…

    adek gue yang ngasih tau, dia bilang nih buku bagus banget, gue penasaran soalnya adek gue berubah dari yang sleboran jadi serius kuliahnya.. ternyata mang bagus.. istri gue yang ga seneng baca, dan gua ajak supaya seneng baca juga gua kasih buku pertamanya juga buku ini, and she love it…

    maen2 ya..
    http://footprint1980.wordpress.com/2009/01/30/mana-yang-paling-bagus/

  11. limacentimeter, 30 Jan 2009:

    thanks ya…
    jadi terharu…(halah)
    dari sleboran jadi serius kuliahnya wah gue banget tuh..hahaha..

  12. Indra, 30 Jan 2009:

    Keren………
    mau napak Tilas 5 Cm??????!!!!!!!

    Kapan????

    ikuuuuuuutttttttttttttt

    mas Don, gua nawarin diri jadi peran figuran deh…
    tak dibayar juga gak apa-apa koq…
    asal bisa nongol di film 5Cm
    wkwkwkwkwk

  13. dd, 30 Jan 2009:

    allow mas donny..
    (sampe skarng saya masi berharap mendapat sekedar “hello” dari penulis favorit saya ini. huehehehehe…)

    mas, novel ini spertinya menjadi novel pertama yang bisa membuat saya ingat isinya selama 4 tahun (so far). saya nemu buku ini ga sengaja, waktu nganter temen ikut test nyari kerja di jakarta tahun 2005 silam.
    buku ini juga menjadi satu2nya novel yang menemani saya selama 6 bulan di negeri tetangga saat menjalankan study. ga pernah ada kata bosen, walopun uda ga terhitung berapa kali saya membacanya dari halaman pertama sampe terakhir. mungkin terdengar berlebihan, tapi itu beneran mas.

    pokoke saya tunggu film 5cm ini, dan juga novel berikutnya…

    regards,
    dd-bali

  14. limacentimeter, 30 Jan 2009:

    Heloooooooooooo…..!!!!!!!

    hahaha…apa kabar DD di bali?
    ya lo nggak bilang bilang lo di bali gue sering ke bali beberapa waktu yang lalu coba tau, bisa ketemuan..

    Makasih ya udah baca 5cm..
    senang bisa berbagi..
    nonton ya filmnya…

    cari aja gue di Face book

    Regards
    Donny

  15. Mr.Deck, 03 Feb 2009:

    i love this book….

    One of my favorites…

    Kalo ada filmnya..hmmm….

  16. reiy, 04 Feb 2009:

    tuh kan bang, banyak yang menunggu filmnya …
    ayoo smangadh …

    cheers,
    reiy

  17. ayunda, 04 Feb 2009:

    5 cm adalah buku yg bkin saya nulis notes tentang mimpi di facebook.hehehe….

    mdh2an mimpi saya buat lulus dgn skripsi ttg novel ini tercapai yaaa..amiinn…

  18. dinicinta5cm!!, 08 Feb 2009:

    Huwaaa!
    Mimpi saya untuk melihat 5cm ke layar lebar akhirnya hampir terwujud!
    Hahah.. Wah jd gg sabar siapa ya yg bakal jadi zafran,genta,arial,riani,ian..
    dulu sempet mereka-reka bersama teme2 yg emang 5cm’er semua hohho.. ada nicholas saputra lah, macem2 hahah.. mau dong don ikut syuting ke mahameru!! huwee.. :)

  19. Nunu, 11 Feb 2009:

    wakz….ada blognya…..baca novelnya sekitar tahun 2007, baru baca setengah, novelnya kerendem banjir, huhuhuu….kriting :( dan akhirnya beli lagi, begitu selese, temen2 gw racunin biar baca novelnya 5cm juga, malah gw pinjemin, sekarang novelnya udah ngilang tah kemana…hehehehehehe….but anyways, novelnya bener2 menginspirasi banyak orang deh. sampe jadi kepengen nyoba naek gunung, walopun ampe skrg belum terwujud…. :)

  20. tan3, 11 Feb 2009:

    novel yg keren mas..mantab…
    kombinasi yg mengagumkan antara tawa bahagia dan tangis haru.
    halah, sok ngerti bgt ak ini :D
    *salam buat Mas Gembul ya mas Donny, kalo bisa buat Mas Krisno yg dari portugal itu juga
    :mrgreen:

  21. giyzt, 11 Feb 2009:

    sayang gue nggak sempat baca novelnya kayak gimana…tapi setelah baca tulisan diatas jadi pingin segera pulang dan mencari bukunya di gramedia..meski bukan penggemar novel kayaknya mulai keracunan nih..

  22. izhan, 16 Feb 2009:

    gue tuh seneng bgt sama yang baca buku,.,,
    buku apa aj deh..
    sampe satu hari..k2 gw dari bogor nelpon kasih saran untuk beli novel..
    yang judulnya 5 cm…
    katanya buku best seller,,,bukunya k2 gw sendir lagi keli2ng dipinjem tmen2nya,,
    jadi akhirnya gw beli deh di gramed depok
    gak tanggung2,,,belinya yang hard cover..
    pertama kali liat langsung nilai..
    nih buku aneh tapi bikin pnasaran..
    pas nyampe rumah,,langsung aj dibantai abis tuh buku..alhasil gak sampe smalem tuh buku langsung habis dibaca..
    dan..wow,,,bukunya keren bgt..
    lain dari buku yg pernah dibaca..
    setiap lembar,setiap banya memiliki arti tersendiri..
    pokoknya keren bgt..
    jadi pengen ke mahameru juga…
    sukses ya mas,,,ditunggu filmnya..
    psst..sekarang bukunya lagi beredar (dpinjem) di temen kampus…(kapan pulangnya nih,,kangen))..
    thanx ya..tas 5 cmnya yang ud memberi smangat dan motivasi buat gw…

  23. limacentimeter, 17 Feb 2009:

    wah…keren juga ceritanya..jadi terharu…
    sama sama l malah yang motivasi gue.. hehehe..

  24. wima, 18 Feb 2009:

    aku dapet buku 5 cm pas awal taun 2008, itupun make gaji pertamaku……
    tapi sekarang buku itu dah di stempel hak milik oleh temen kost’an, dan sekarang buku itu dah hijrah ke surabaya…

  25. balitasehat, 20 Feb 2009:

    5cm tuh buku yang gw kasih ke temen waktu doi stress sama skripsi…

    semua bagian di buku ini bener2 menginspirasi…(kecuali nama dosen si ian.. Bpk. Sukonto Legowo…hehehehehe)

    *menanti buku kedua….

  26. rissa, 26 Feb 2009:

    keren…keren…keren…..salut…..salut….salut….mau dong…diajakin maik film…..jadi si mbo yang suka nyuciin gelasnya mba riany juga ga apa…..karna 5cm…aku jadi semangat ngejalain semua cobaan hidup yang aku alamin…..n ga takut untuk mengejar mimpi….
    makasih ya…udah ngasih kita sesuatu yang bisa dijadiin inspirasi…..
    thans..thans….thans….love…..

  27. racheedus, 16 Mar 2009:

    Mas Donny, saya dapat order terjemahan bahasa Arab dari sebuah penerbit di Bandung. Waduh, sudah hampir 1,5 tahun nggak kelar-kelar. Saya sering sebel. Kenapa nggak kelar2 juga. Gimana, dong? Kasih semangat saya, dong. Plis, deh.

  28. pencinta kuliner, 14 May 2009:

    kerennnnn..novel ini memang keren banget..aku membacanya sampai 3kali..novel yang sangat menjunjung kebersamaan..salut salutt

  29. elphira, 19 May 2009:

    mas donny….novelnya keren banget….nyesel baru baja sekarang…hiks :(*kemana aja selama ini kok baru baca…padahal novelnya udah dari 2005 yoo mas…hehe*
    bener2 keren…kaya’ ikut ngerasain semuanya mas…
    waktu baca ada stasiun lempuyangan jadi merinding ‘n senyum2 sendiri mas…jogja kesebut juga…hehe..asik…asik… :D
    ponakanku suka banget telletubies…jadi ngebayangin ian mas…hehe…
    kebersamaan mereka luar biasa ya mas, semangat-nya mereka…brain stroming-nya mereka…becandaan-nya…
    sukses buat mas donny yah…ditunggu film-nya ‘n buku selanjutnya….
    oh ya mas…berharap genta jadian sama riany mas…hehe…ternyata sama juple.. :D

  30. Dhanang Adi, 23 May 2009:

    semoga suatu hari nanti saya bisa kayak mas doni….alasan awal menulis buku ternyata hampir sama dengan saya….kalo saya dulu membayangkan ada buku saya berdampingan dengan buku laskar pelangi di rak best seller pas sy lagi di gramedia MKG….semoga…:)

  31. Widy, 30 May 2009:

    mas….thanks yh….!!!
    mungkin klo saya gak baca bku ini…..mungkin saya gak akan punya semangat baru yg meluap2 seperti sekarang ini…..!!!
    karna buku ini saya terinspirasi
    melanjutkan hidup saya….yg pernah padam…..karna stiap saya dengar kata 5cm saya lgsung merinding……..!!!
    yah pokoke thanx for all….

    ( n klo nanti sya jd naik k mahameru ,bakalan saya share di sini)

    cheers

  32. 5cm-legacy, 31 May 2009:

    @ widy

    waaah.. thanks ya jadi merinding juga bacanya…

    siip ditunggu ceritanya tentang mahameru… :D

    thanks banget ya.. :D

  33. vonny, 03 Jun 2009:

    saya cinta banget sama novel mas donny :)
    bener2 menyentuh, saya sering banget nangis kalo lagi baca, padahal udah baca berkali2, tetep aja nangis terus..
    hehe..

    keren mass, ^^

    film nya harus keren, jangan mengecewakan..
    tokoh genta nya juga yhh!
    hhe..

    di rumah, cuma novel 5cm yang saya sampulin, saya tulisin nama dan saya bener2 jaga banget..

    hehehe..

    mengajarkan saya banyak hal, trus jadi pengen naek ke puncak mahameru :)
    hehe..

    thx mas udah bikin novel yang begitu nyentuh n membuat saya jadi terobsesi untuk jadi penulis seperti mas donny :)

  34. awang, 05 Jun 2009:

    lucu bgt mas pas di malem2 di ranu kumbolo,, genta suka sama riani tpi riani suka sama jafran tpi jafran suka sama dinda tpi dinda suka sama genta,,hahaha,, ending nya ngk nyangka klo riani nikah sama jafran… tp dinda kq bisa nikah sama deniek??

  35. May Vimeris, 07 Jun 2009:

    Ngomong2 filmnya jdinya kpan mas?

  36. oben, 10 Jun 2009:

    Makasih banget Don.. buku lo nyelamatin gw berkali2.. mulai dari dateline kerjaan trus sekarang thesis gw… bilangin ma Ian juga.. MU boleh kalah tahun ini tapi tahun depan pasti juara UCL!!

    “jadi kangen pasirnya mahameru..”

  37. Natalia Nirahuwa, 12 Jun 2009:

    Buku 5Cm aku baca tahun 2006 dikirimin pacarku…Buku yang bagus menurut aku..Benar2 bagus dari segala sisi deh..Maju terus ya…

  38. 5cm-legacy, 14 Jun 2009:

    @oben

    Thanks ya udah baca 5 cm..
    Seneng 5 cm bisa bermanfaat…

    Terus semangat!

  39. 5cm-legacy, 14 Jun 2009:

    @natalia

    Salam buat pacarnya ya.. hahaha… seleranya bagus.. hehehe… :D

  40. kresna, 17 Jun 2009:

    novel yang sangat bagus.. tapi kburu naek semru baru baca novelnya, padahal penginnya baca novel trus naek ke semeru..
    novel ini bener2 menggambarkan keadaan di semeru..
    dan bulan dpn rencana naek ke semeru lagi..

    aku tunggu novel ke duanya mas..

    salam..

  41. anindita, 18 Jun 2009:

    mas, sebenernya cerita 5 cm tuh pengalaman pribadi bukan?keren bgt..
    trus gimana siy resep biar bisa bikin kata2 inspiratif yg original, simpel, tapi lsg mengena ke titik sasaran kyk di novel 5 cm? selain banyak baca buku n mengalami pengalaman2 tentunya…
    aku mulai suka nulis, tapi begitu baca karya2 penulis kayak mas donny,andrea hirata, dll gt malah jadi minder sendiri…abis keren2 semua.. hehehe.. curhat nih ceritanya… hehehe

  42. tie, 19 Jun 2009:

    wow. 5cm ada blognya juga. senangnyaaa ;) baru punya bukunya tahun 2007. padahal udah liat temen baca bukunya pas 2005. tapi covernya gitu, kesannya kaya buku seriuuuss banget. taunya novel ;)

    11 september 2007, jalan2 ke gramed, ga sengaja liat 5cm dipajang. liat sinopsisnyaaa, waaahhh tentang persahabatan. pas banget waktu itu lagi slek ama temen2 :)) hahahaha. yaudah deh ga pake pikir2 lagi langsung beli novelnya. dikampus ditemenin ama novel 5cm sambil didiemin ama temen waktu itu gara2 lagi slek. ah, au ah, ada 5cm ini. hehehe. sempet ngerasa kaya awal2 5cm, temenan udah lama, trus kalo pisah atau ga berhubungan gimana ya rasanyaa. cuma ga sampe ke mahameru c maas ;)

    tapi akhirnya baikan sendiri ko.. thanks for 5cm yang bisa ngasih semangat. harapan. mimpi. dan selalu berjuang tiap kali putus asa.. ;)

    caiyooo!!
    carpediem ;)

  43. seffin, 22 Jun 2009:

    waahahahaaa.. mas donny, aku waktu itu lg belanja buku buat taun ajaran baru di gramed, iseng iseng liat lita novel, trus terlihatlah secercah buku hitam, aku deketin, oh, judulnya 5 cm, trus aku kira waktu itu tebel bukunya yg 5 cm .. eh, ternyata bukan, aku waktu itu gak jadi beli soalnya masih gak paham sama tu buku. trus beberapa minggu kemudian, lg bosen di rumah jalan lg ke gramed, eh, inget bukunya mas donny, langsung beli, sampek ruma lgs aku baca, walopun waktu itu lg sakit radang tenggorokan flu batuk tetep dibaca soalnya liat bab pertamanya udah jatuh cinta

    trus gak sampek sehari, bukunya habis sampek dimarahin mama soalnya baca buku bukan istirahat, besoknya di sekolah, satu keals aku racunin otak mereka, eeehh.. temen2ku malah jadiin aku tempat peminjaan buku gt, hehe

    gak sabar nunggu filmya, pokoknya harus sedasyat bukunya yah, jangan ilangin quote2 mantep yg ada dibukunya :D

    *favorite quote ku di FB semuanya dari bukunya mas lohh :)

  44. 5cm-legacy, 22 Jun 2009:

    @ Seffin

    Really?
    wah thanks ya udah baca 5 cm… salam buat mamanya dan teman temannya…

    untuk filmnya.. doain ya shooting di mahamerunya lancar… :)

  45. Hida, 02 Jul 2009:

    Dear Mas Donny..
    Buku itu baru aku beli seminggu yang lalu.. Setelah beberapa kali bolak balik ke toko buku dan menimbang2 untuk beli buku ini ato ga…

    Dan sdh dua pertiga aku baca… Sengaja ga langsung aku selesaikan bacanya, selain karena lagi musim ujian, aku pengen ngerasain kangen sama buku itu.. hehehe…

    Selama seminggu ini buku itu udh ngasih banyak hal…
    1. pelajaran tentang menjadi seorang manusia yang berguna
    2. tentang semangat untuk tidak menyerah dari ceritanya ian wkt ngerjain skripsi (merasa senasib.. hihihi)
    3. aku semakin sayang sama teman2 dan sekitarku
    4. penyemangat waktu udh mulai stuck sama semua ujian take home dan masalah yg mendadak muncul
    5. penasaran pengen ke mahameru
    dan masih banyak lagi…

    Tengkyuw berat yah mas… Bukunya lebih dari sekedar buku… A must to have,,bukan cuma a must to read… :)

    Ditunggu filmnya yaaa… ^_^

  46. awit, 02 Jul 2009:

    Setelah membaca tulisan Bung Donny, saya jadi ingin menulis dan menjadi penulis.
    “SAYA JUGA AKAN MEMILIKI SEBUAH BUKU!”
    Terima kasih karena Bung Donny telah memberikan inspirasi. Sebelumnya, saya tidak punya cita2. Saya tidak tahu apa yang saya inginkan.

  47. 5cm-legacy, 03 Jul 2009:

    @Hida

    hah? baru baca 2/3? udah kasih komen…hehehe…
    waah thanks yaa…
    penasaran ke mahameru…
    kesana dong… :D

  48. 5cm-legacy, 03 Jul 2009:

    @awit

    Really?

    btw untuk saat ini IMO, menulis bisa dijadikan mata pencarian lho…

    patut dicoba, nulis skenario juga…

    ayo ayo semangat! :D

  49. Hida, 04 Jul 2009:

    Soalnya,,baru 2/3 ajah udah banyak bgt pelajaran yang bisa diambil… Daaan,,setelah nulis komen kemaren langsung di selesaikan bacanya,,udh tamat,,dan semakin ga bisa berkata2…

  50. 5cm-legacy, 07 Jul 2009:

    @ Hida…

    Haaa? really?

  51. Hida, 08 Jul 2009:

    Yupz… Four thumbs up dah… ;)

  52. anaphalis javanica, 15 Jul 2009:

    ….kehabisan kata2 dh buat memuji buku 5cm…berulang kali bc tetep aja nangis pas bc suratna deniek,ttp aja ktwa ngakak kalo bc ian lg ngbrol sm kompi..yg plg amazing ya pas ian lg nyelesein skripsina,subhanalloh ga bs d ungkpkan dg kata2 dh(.halagh suheri ne suka heboh sndri hehe)…bukuna bkal gw simpen rapi pokokna…thanks 5cm…

    Mas dony buku k2na kpan neh?

  53. Harni Anink, 03 Aug 2009:

    ampe skrg gw msh aneh knapa dulu gw bisa beli 5 cm..
    gw cuma iseng maen ke gramed,,
    liat buku warna item,,
    judulnya simpel,,,
    udah deh langsung beliii
    ternyata ceritanya mantabbb bgt,,
    komplit bgt
    pas diliat ternyata baru aja terbit dan sbg hadiah utk HUT RI
    trs gw sebarin tuh buku ke temen2 gw,,,
    dan gw sendiri smp sekarang entah udah brp kali baca,,,
    subhanallah,,,
    gak pernah bikin gw bosennnn
    tiap kali menghadapi sesuatu n buntu gw slalu inget 5 cm dan akhirnya bikin gw bisa melangkah lg,,
    gw gak pernah nyangka novel ini bisa melekat dlm kehidupan gw,,,,
    membuat gw gak akan pernah berhenti bermimpi, dan memiliki cita2
    karena itu semua akan membuat gw beda dari gw yg sebelumnya..
    seru tuh mas kalo bisa naek gunung bareng para penggemar 5 cm laiinnya,,
    semoga sukses utk filmnya ya mas

  54. raturatsu, 07 Aug 2009:

    pertama saya ngliat buku ini(dirumah temen),saya aga sedkit maless soalnya ngeliat halamannya tebel banget dan meanari-menarilah di kepala saya rasa ogah yang bgitu mendalam :)
    tapi karna bener”ga ada kerjaan,
    dengan sedkit engga,saya ngebuka satu demi satu halaman.
    di halaman”pertama aja saya udah dibuat ketawa stngah mati dengan tngkahnya zafran!
    akhirnya saya ptuskan untuk menghabiskan buku itu !
    dan ternyata sama skali ga seperti apa yang saya bayangkan.
    5 cm,bisa ngebuat saya ketawa segila mungkinn,bisa ngebuat sayaa malu”sendiri,bisa ngbuat saya gemes,bisa ngebuat saya terharu bahkan sampe merinding!
    hahaaaa ~
    pkonyaaaa TOP ABIS TOP ABIS MANTEP DAH !keeeerrreeen!

  55. Ranie, 09 Aug 2009:

    Aku mang suka baca novel apalagi yang ceritanya tentang persahabatan, tahu 5 cm dari jawa pos tiap senin pasti ada ulasan tentang buku baru, lihat resensinya langsung bikin aku pengen segera ke toko buku buat beli nih buku, akhirya setelah dapat 5 cm sejak halaman pertama baca nih buku bikin aku gak bisa berhenti, langsung deh aku lahap habis dalam satu hari

  56. Bellinda, 10 Aug 2009:

    Keren banget! Udah baca 2x,, tetep bikin gw pengen baca lagi. Buku ini yang udah menginspirasi gw,, buat keep on fighting ngejar cita-cita… Bikin gw makin suka travelling and hiking… Bikin gw makin pengen menginjakkan kaki di mahameru… Thanks for the inspiration… Keep up the good work! ^.^

    salam…

  57. weni, 12 Aug 2009:

    Speechless kLo abis baca buku ini, meskipun diulang2 ttp aja ga bs bkata2, yg ada adalah tiba2 jadi lebih smangat untuk hidup, bermimpi, mewujudkan mimpi itu,… untuk jadi orang yg benar2 hidup. Ga cuma jd seonggok daging yg punya nama… Makasih banget bwt Donny atas karyanya yg slalu menginspirasi hidupQ.hwaaaa!!!!!! 4 jempol buat 5 cm !!!

  58. fenty, 18 Sep 2009:

    haloo..
    sy baru aja selesai baca buku 5cm.
    pertama2 mulai baca, masih agak bingung..dalem hati mikirnya “ini nih novel yg katanya best seller dan menginspirasi?? kok kaya novel anak gaul bgt yah, terlau jakarta selatan, dan terlalu SMA 6 (pdahal saya blm baca biografi sang penulis yg ternyata beneran anak sma 6.hehehe)..
    tapi setelah baca, wow..
    beneran deh menginspirasi bgt, quote yg dipake, filosofi yg dipake, semuanya menginspirasi.. dan saya sgt suka!! :)
    congrats, ditunggu karya2 selanjutnya,,

  59. fenty, 18 Sep 2009:

    oh iya, mau difilm kan yaaaa..
    wahh asiiikk!!
    ditunggu ya,
    btw mas donny,jgn asal pilih artis yah buat jd pemeran mereka. soalnya karakter mereka tuh kuat bgt dan sudah menginspirasi byk org..hehe.,
    :)

  60. Arief, 22 Sep 2009:

    Buku yg bagus pake bgt wes mas… seperti nya buku ini bs hidup mas… ky malaikat gto…
    sip abis deh pokoknya… tmen2ku aj smpe ketagihan tuh mbaca 5cm..
    Kapan buku keduanya terbit nih mas???? blh tau tentang apa ni mas buku yg kedua ini??

  61. liphe, 26 Oct 2009:

    Bukunya KEREN mas…!!!

    Pertama kali baca sih kurang semangat…
    Sempet di tunda sebulanan bacanya…
    Tapi begitu mulai babak pertengahan, rasanya mulai bisa kebawa dlm ceritanya..
    Yang bikin terharu tuh waktu upacara di Mahameru..
    Terus yang menyentuh juga, waktu diingetin ada banyak hal di Indo yang ga ada di luar negri…

    Aku ngalamin bangat waktu ikut tour ke Beijing…
    9 hari di Beijing bener2 bikin kangen sama Indonesia..
    Kangen sama semua makanan yg ada di sini..
    Sampe2 disana tuh bikin daftar makanan apa aja yg mao dimakan kalo aku dah balik ke Indo..
    Kangen tongseng, nasi padang, ayam penyet, sate, gado2, nasi gudeg, sayur asem, wuaaahh banyak bangat deh…(rakus bgt y hehehe…^^)
    Abis di sana nyari sambel terasi aja susah buangeeetttt wakakakakakka….

    Makanya pas baca kata2 “Lebih baik di sini, rumah kita sendiri..”
    Rasanya bener2 kerasa banget di ati, sampe nangis malah hehehe…

    Pokoke bukunya KEREN ABIZ…
    Two thumbs up for u…
    Bikin aku yg tadinya sebel sm keadaan di Indonesia yg korupsi ga ilang2, berharap bisa pindah warganegara…jadi mikir2 lagi…
    Seenak2nya negri orang..gak bakal nemuin lagi apa yg pernah ada di negri sendiri hehehe…

    Sukses terus ya..
    Ditunggu novel2 berikutnya…

  62. witanti, 31 Oct 2009:

    allow mas dony!!…

    hwahhaa…aku emang gak bakal bosen nih baca 5cm!! keren bgt!!…

    pertama kali,,baca 5cm tuh,pas taon brp yaaa?!! ohh ya taun 2008…
    pada saat itu,iseng ma temen main ke gramedia merdeka,,udah gt liat novel 5cm,,koq kyk yg aneh yah cover novelnya,,tp anehnya itu,terkesan memang menarik c coverx…aku mikir,,wahh pasti ni novelnya cerita *jleeeppp bgt* alias dalam!!..

    pengen bgt beli,tp lg bokek!! haha,untungnya tuh novel ad yg udh dibuka plastiknya,nah aku baca tuh dari jam 2 siang mpe jam 4 sore di gramed!!! temenku sampe bingung ngeliat aku serius,sambil ketawa2 bacanya!!…,,tp krn dah sore temenku ngajak pulang,pdhl aku lum selese bacanya..mana ceritanya lg berada pd klimaksnya,tanggung dikit lg..saking penasaran ama tamatnya gmn,,aku langsung aj baca halaman2 terakhir,,ngliat mereka akhirnya gmn…hhahaha…..
    baru dehh aku bilang “yukk fet,kita pulang,tp besok kesini lg yaaa,,mau nerusin baca 5cm nya” hhaha
    akhirnya sepanjang pulang aku ceritain ke dia,gmn alur ceritax yg rame!!
    dan besoknya kita kembali lg ke gramed buat lanjutin baca tuh novel dan akhirnya aku bner2 tamat deh,tanpa ad yg terlewat bacanya!!…bener2 keren tu novel!!….
    setiap temen2ku nanya novel apa sih yg rame,,aku pasti selalu bilang “5cm”

    novel 5cm memberikanku rasa semangat yg meluap2…apalagi pada saat dilanda putus asa,rasa males!!
    aku langsung inget 5cm…

    smoga sukses mas donny filmnya!!

  63. yadho, 06 Nov 2009:

    i love 5cm…
    baru td gw selesai baca buku 5cm tu…gw lngsung k warnet cuma pengen ucapin “TRIMA KASIH”

  64. 5cm-legacy, 07 Nov 2009:

    @yadho..

    Wah thanks banget yaa.. :)
    senang bisa menginspirasi…

    tahun depan Insya Allah nonotn filmnya ya… :)

  65. Syuri Damsi, 11 Nov 2009:

    Wauah..thanks banget ya bwt bukux..
    Baca pertama kali waktu terbitan pertama..
    Itu jg hasil pinjaman secara paksa dari teman..hehehe..
    Skg dah baca k-4 kalinya (rekor dlm sejarahku mbaca buku)..
    Ga pnah bosen..KEREN!!
    Sampe aq bwt catatan2 kecil ttg kata2 di5cm..
    Sayang..bukunya dipjm n blom dibalikin sampe skg..hikz2..
    Ayo,yg pjm cpt balikin!!!hehehe
    Smg sukses bwt filmx ya..
    (^_^)

  66. eva malihah, 19 Nov 2009:

    assalamualaikum mas dony ..

    jujur , aku tdinya gak tau ma novel 5cm,waktu itu, teteh aku bw novel itu k kosan,pinjem dri tmennya, awalny sama sekali gak tertarik, tpi kt si t2h “lo hrus baca novel ini va , gw jamin , emosi loe bkln naim turun” karna penasarn,aku baca ,, ternyata ?? bener bnget !! ampe nangis gr2 bc novel itu, tpi sekaligus bangga,kita punya penulis hebat kaya mas dony !! aku ampe punya mater plane pengen ke semeru bareng temen2 yg juga pada bc novel 5cm …
    ngerasain ke mahameru, minum aer danau nya , ke rawa pening , ampe ngibarin bendera merah putih di puncak gunung semeru ..

    sukses buat filmnya iah mas ..
    cepet di bikin ….
    aku yakin pasti sukses sama kayak novelnya !!!

  67. arel, 23 Nov 2009:

    keren..^^
    dulu nda tertarik liat bentuk buku yang simple, tapi gara2 liat buku pinjeman (hehehe) nampang di kamar berlama2 dan nda tak baca2..akhirnya aku berniat buat mulai baca…
    dan……..
    speechless..ternyata nda sesimple yang aku kira.. ^^..
    uda baca..nda bosen mau baca lagi..
    mupeng naek ke mahameru..hehe..

    ditunggu filmnyaa.. =)

  68. tori_sendiri, 30 Nov 2009:

    dari buku ini ie blajar byk,,, tnx ia mas donny.. yg akan mendunia..amien,,,
    ie juga lagi blajr nulis.. doain cpt jadi buku iia..
    kata yg paling ie suka dari novel 5 cm.. adalah ttg 5 cm itu sndiri..ie masih pake cara itu buat dapet sesuatu… selamat iia udah jadi orang yg m’inspirasi.. ie juga bakal nyusul!!!

  69. tori_sendiri, 30 Nov 2009:

    aku suka bukunya.. makasih udah menginspirasi aku..

  70. tori_sendiri, 30 Nov 2009:

    aku bakal nyusul jadi penulis,, doain buku aku cepet keluar iia.. citacita dari kecil ni punya buku ndiri.. dan aku masih nyimpen itu 5cm di depan aku.. g lbih,,g kurang.. biar terus termotifasi..

  71. mizz_narzizz, 01 Dec 2009:

    ceritanya asik bgt!!!!!!!!!!1

  72. raraz, 03 Dec 2009:

    i don’t no why, but i do in love with “5 cm”…

    dari kata kata ringan tapi bermakna…
    lirik lirik lagu yang ada didalemnya yang buat (menurutku) 5 cm ini jadi lebih seru…
    ampe…….wah pokoknya banak de!!!!

    masih inget banget di tahun 2007, aku dateng di bedah buku 5 cm di gramedia surabaya, hoho,, tau orang yang nulis buku+bisa denger cerita tentang 5 cm langsung dari penulisnya, itu pengalaman yang seru bangeeett!!!
    hehehe,,,

    o ia….dari buku ini, aku suka banget cara penulis ngesebut Yang Maha Kuasa dengan sebutan Sang Maha Hati…gag pernah denger sebelumnya, tapi aku rasa sebutan itu dalem banget!

    ^raz

  73. happy cola, 19 Dec 2009:

    pertama kali saya tahu mengenai 5cm adalah ketika d mjalah sekolah saya terdapat artikel yg dtulis oleh kakak alumni dr sklh saya.dia menuliskan sbuah kutipan yg mmbuat saya brtanya tanya dlm hati .. ‘novel ? 5cm ? biarkn cita2 mnggantung ? 5cm ? d dpn kning ?’ saya pun merasa sgt excited skalii .. bgitu dalamnya motivasi itu,membuat saya tersadar bhwa saya tdk ad apa apanya dbandingkn dg seseorang yg bnr2 mjd mnusia .. akhirnya saya mrencankn utk mmbeli novel itu .. tapi sayangnya tdk diizinkan org tua .. krn org tua saya lebih stuju agar anaknya mmbeli bku plajaran saja .. saya pun tak berani membantah hal itu .. saya mencari cari pinjaman novel 5 cm kpd teman teman saya,namun mereka tak punya. hingga akhirnya saya menemukan seseorang yg baik hati meminjamkn novelnya kpd saya .. jujur. . saya bgitu terharu,bgitu dlm makna yg ad dlm novel 5cm ini. dg gaya bhasa yg mudah dmengerti oleh anak seusia saya .. saya bs mendalami arti dan hikmah dr novel ini .. saya merasakn kebahagiaan di dlmnya,ksedihan di dlmnya,kceriaan di dlmnya .. sebuah motivasi,semangat,persahabatan,cinta tanah air .. membuat saya bisa membuka mata .. bahwa hidup itu indah .. penuh prjuangan .. pnuh kejutan .. hingga akhirnya saya terlarut di dalamnya .. dan mngubah cara pemikiran saya .. semangat yg seperti ian dlm menyelesaikan skripsinya, sok puitisnya zafran, bijaksananya genta, sang pnurut rambu rambu dn peraturan bernama arial, si cantik riani,deniek,dinda .. semuanya .. perjalanan menuju gunung mahameru .. keindahannya yg tergambarkan d 5cm .. lengkaplah sudah .. saya bahagia .. bahagia sekali .. sekaligus bangga terhadap anda .. terima kasih .. terima kasih atas semua yang tertulis rapi dan unik dalam novel 5 cm .. novel yg pantas punya gelar best seller .. novel yang begitu inspiratif .. terima kasih..

  74. happy cola, 19 Dec 2009:

    hmm .. pokoknya terima kasih banyak … novel anda sangat membantu saya.

  75. 5cm-legacy, 21 Dec 2009:

    @ Happy cola

    iya sama sama…. thank ya udah baca 5 cm…
    salam kenal… :)

  76. 5cm-legacy, 21 Dec 2009:

    @ Happy cola…
    baca komennya kamu bikin terharu.. :)
    salam yaa buat yang minjemin novelnya… :)

  77. 5cm-legacy, 21 Dec 2009:

    @ Raraz…
    Iya makasih ya udah baca 5 cm…
    waktu itu kamu datang di surabaya…?

    waah… :)

  78. 5cm-legacy, 21 Dec 2009:

    @ yadho…
    wow… jadi terharu nih…
    thanks ya.. salam kenal.. :)

  79. 5cm-legacy, 21 Dec 2009:

    @ tori sendiri

    iya.. aku doain sukses ya…
    terus menulis… !!!

  80. alisyah, 21 Dec 2009:

    Bukunya udah saya baca, dibabat sampe jam 4 pagi (padahal hari ini masuk kerja). Saya sangat berterimakasih dengan adanya karya-karya seperti ini, di samping karena secara tidak langsung sudah mempromosikan keindahan Mahameru & sekitarnya, juga karena emosional yang terdapat dalam buku. Saat membaca surat Deniek terhadap Adrian, saya bisa menggambarkan kurang lebih bagaimana tingkah laku Adrian yg sebenarnya.

    Saya juga ikut merenung setelah berulang kali membaca kalimat ‘Sebaik-baik Manusia adalah yang paling bermanfaat untuk Orang lain’. Kalimat ini tidak asing di telinga saya, karena saya agama Islam (you know why, terlalu panjang kalau dijabarin), namun kaitannya dengan berbagai alur dalam buku 5 cm, untuk pertama kalinya saya merenungi diri sendiri atas sepotong kalimat tersebut.

    Terdiam juga pas Ian berubah gak skeptis lagi ama Indonesia, malah berani ribut ama yang ngejelekin Indonesia, trus batal ke Manchester. Great!

    Banyak lagi quote yang sangat bermakna menurut saya, tidak terdengar baru di telinga tapi baru di relung hati (btw saya bukan lagi niru Zafran) :-)

    Namun saya penasaran, apakah ini realita yang pernah dialamin penulis? Mendaki Mahameru tidak saya ragukan. Yang jadi fokus pertanyaan saya, apakah tokoh ‘Power-Rangers’ beneran ada? Kalau iya, mohon maaf karena saya menduga bahwa penulis adalah tokoh Ian yang ada dalam buku tersebut :-)

    Eh btw, textbox comment ini kurang gede, serasa sempit gini hehe

    Thanks :-)

  81. happy cola, 22 Dec 2009:

    (speechless – komen saya dibales – haha. sujud syukur ‘antara bingung, senang, bahagiaaaaaaa sekaliiiii ..)

    ngga nyangka juga komen saya dibales.
    hihihi :D

    hmm .. iya sama sama ..
    salamnya udah saya sampaikan :D

    semoga anda bisa membuat novel lain yang bagus dan pnuh motivasi seperti 5 cm ..
    saya tunggu novel karya andaa ..
    hehe ..

    btw,bolehkah saya bertanya ?
    boleh ya ? ya ?

    boleh deh ..

    maaf merepotkan ..
    saya ingin tanya kepada anda ..
    saya suka nulis cerpen (maklum masih ga bisa bikin novel .. hehe )
    tapi nda tau kmana saya bisa menyalurkan hasil cerpen cerpen saya ..
    pernah kirim ke suatu majalah via pos,tapi -sepertinya dan saya tdk yakin- bisa sampai.

    kira kira kemanakah saya harus mengirimnya ?
    apakah kak donny ada pendapat ?

    saya tunggu balasannya ..
    terima kasih ..
    thank you ..
    sankyu ..
    merci ..
    maturnuwun .. :D

  82. 5cm-legacy, 22 Dec 2009:

    @ Happy cola
    kalau cerpen kayaknya susah deh..
    kalo kamu punya cerita bagus dan bisa dijadikan novel mungkin saya bisa bantu…
    kirim aja ke email saya : 5cm.dreams@gmail.com

    @All
    ini juga berlaku untuk semua yang baca komen ini yaaa.. :)

  83. happy cola, 23 Dec 2009:

    (dibales lagi – horee !! :D )

    hmm .. oke oke ..
    cerpennya sayaa kembangkan dahulu dan saya akan mencoba menulis novel ( ada smangat baruu buat bikin novel .. asyik asyikk :D )

    iyaaa ..
    terima kasih banyak ..

    oia,dapet salam dari tmen2 sekelas yg uda baca 5 cm ..
    katanya novel 5 cm bagus s e k a l i i ..
    dan mereka mnunggu novel yang brikutnya dari kakak ..

    thanks :D
    terima kasih banyak .. :)

  84. GITA KUSMAWARDIANI, 25 Dec 2009:

    terimakasih telah melahirkan sebuah karya yang amat sangat dapat mengubah manusia termasuk saya menjadi lebih baik dari kemarin. lebih optimis dan lebih sering bermimpi, bukan hanya mimpi kosong, tapi mimpi yang saya usahakan semampu saya untuk menjadi kenyataan. 5cm memang membangkitkan semangat. entah sudah berapa kali saya membaca 5cm. yang saya rasakan tetap sama, selalu ada kejutan di setiap halaman. saya seperti masuk ke dunia 5cm. ke dunia arial genta zafran ian dan riani. saya tunggu filmnya. terimakasih banyak. sukses terus :)

  85. 5cm-legacy, 26 Dec 2009:

    @ Gita
    iya, sama sama Gita. thanks ya it means a lot to me… :)

    salam kenal ya… :)

  86. Mesia, 12 Jan 2010:

    ‘5cm’…the great novel that i had ever read..
    sebelumnya kalau abis baca novel,saya tidak pernah ada niat untuk memberi komentar seperti ini..tapi setelah baca novel 5cm ini, saya amat sangat ingin memberi tanggapan..hehhe..
    Bagus bangedd..cerita yang awalnya saya kira sederhana tentang 5 sahabat itu, jadi begitu mengesankan..
    banyak kata2 yang sangat menyentuh hati saya dan akan saya coba terapkan dalam kehidupan saya..
    Awalnya saya tidak mengerti apa maksud dari kata ‘5cm’ itu sendiri..setelah membaca bagian akhir, barulah saya tau hal itu n sadar kalau itu memang benar..
    “taruh mimpi itu di sini..juga keinginan dan cita-cita kamu..semua keyakinan, keinginan, dan harapan kamu, apa yang kamu kejar taruh di sini..jangan menempel di kening, biarkan dia menggantung..mengambang.. 5 centimeter di depan kamu.. jadi dia tidak akan pernah lepas dari mata kamu. dan kamu bawa mimpi dan keyakinan itu setiap hari, lihat setiap hari, dan percaya kamu bisa. Apapun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri kalau kamu percaya sama keinginan itu dan kamu tidak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri..
    Dan sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan melihat lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, dan mulut yang akan selalu berdoa”

    saya sangat suka kata2 ini dan telah memberi inspirasi dan semangat baru untuk saya..:)

    terima kasih banyak..sukses selalu untuk karya-karyanya..
    two thumbs up for 5cm

  87. Aldo, 15 Jan 2010:

    filmnya kapan keluar??

  88. Adhyatna Fadjri, 16 Jan 2010:

    “5cm” Ini lah karya tulis terbaik dan akan selalu jadi yang tebaik yang pernah saya baca.

    awal saya ketemu buku ini bikin penasaran pas saya masih kelas dua SMA, terlebih sama cover depannya.
    simple bgt,,,
    cuma ada tulisan-tulisan timbul dan dengan judul “5cm”.

    tetapi semua itu bikin saya penasaran, dan saya pun mencari buku itu yang sudah di sobek plastiknya, dan ternyata ada.
    hehehe
    dan nggak tau kenapa yang saya buka pas bgt, halaman tentang surat yang di tulis deniek.
    sumpah mas don,,,
    saya merinding gila sama tulisannya dan sampe berlinang.
    sumpah tersentuh bgt, apa lagi pas kalimat “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yg memberikan manfaatnya bagi orang lain.”
    saya pun nga bisa ngomong apa-apa lagi, buku ini harus saya beli.
    tp sayang wkt itu saya pun nga bisa beli karena keterbatsan dana.
    hehehe
    dan pertengahan tahun 2007 saya baru beli tuh buku, walaupun cukup lama dr ketika baca buku ini.
    tetapi buku ini selalu membayangin.

    saya pun berterima kasih buat buku ini dan mas donny, dah ciptain karya terbaik ini.
    pokoknya buku terbaik dan selalu jadi terbaik dari semua buku yang saya pernah baca.
    buku yang membuat saya terus memelihara mimpi-mimpi saya,
    terutama jadi seorang penulis.
    hehehe
    tenang aja mas donny, nggak akan saingin mas donny koq.
    hihi
    mas donny dah jadi guru dan “5cm” itu teori dalam hidup saya, semuanya itu menjadi motivasi.

    terima kasih banyak, sukses buat filmnya, terus di tunggu karya-karya terbaiknya.
    Keep Our Dreams Alive,,, And We Will Survive…

    Salam kenal…

    Fadjri

  89. Hiro Adrian, 17 Jan 2010:

    Dear Bang Donny,
    Kemarin lagi liat2 ke toko buku, dan ngeliat buku 5cm warna item. Hari ini baru selesai baca. I just couldn’t put the book down since i started reading.
    Semakin semangat pas nyampe bagian “sampai di kota malang” karena aku emang AREMA. Ngakak pas bagian ketemu ama sopir angkot mas gembul dwot chom. LOL.
    Baca bab2 dari keberangkatan naek kereta ampe tearkhir genta mencurahkan perasaannya ke riani, bikin aku merasa seolah2 jadi orang ke tujuh yang ikut serta dalam perjalanan. Seolah2 aku bisa ngrasain capeknya, beratnya, takutnya, harunya, leganya, senangnya selama mendaki mahameru.
    Oya, dan satu lagi, setiap ada lirik lagu yang di sebutkan dalam cerita yang aku lakukan adalah mencari mp3nya di laptop dan memaenkannya. Jadi seolah2 seperti ada backing soundtrack mengiringi selama aku membaca buku ini. Dari lagu2nya padi, queen, pure saturday, ampe sinatra yang karena ga punya koleksinya musti donlod dulu di rapidshare (hehehe). Ada satu lagu yang menurutku seharusnya ada dan disebutkan, karena menurutku cocok banget. Yaitu lagu “Mahameru” dari dewa19.

    One thing i can say is, that your story is truly AMAZING.

    oh, and one more thing, yang jadi istrinya ian apa bener happy salma gitu?hehe, i’d like to see her show up in the movie. LOL.

    Cheers, and thanks for the wonderful motivation you’ve given me.

    Salam kenal,
    HIRO ADRIAN

    ps. Nama belakangku juga adrian, jadi pas bagian dimana adrian merasa melihat kuburan dimana teman2nya yang laen nggak ngeliat, dan si Deniek menyebutkan bahwa nama temannya yang meninggal adalah juga Adrian, hehee.. sempet bikin merinding juga. (^^)

  90. indri, 04 Mar 2010:

    ehmm lupa taon berapa ni novel lagi booming di kampus, hampir semua orang cerita tentang novel ini.. 5cm..
    pas nanya apaan si 5cm?? ada yang jawab, maksudnya taroh cita2 kamu 5cm di depan kamu,. heu yang kepikiran aku ko kaya kedelai kalo mau jalan harus di pancing pake wortel di depannya yah.. haha.. :D
    akhirnya pinjem deh bukunya, setelah baca abis, cuma satu kata ‘amazing’.. bikin menggebu gebu pengen ke semeru,. *tapi ga perah dapet izin buat naek gunung ma ibu.. mudah2an suatu hari nanti dapet izin.. keren mas, ceritanya inspirasing banget :D

  91. Ignatius Gatot Shinomiya, 16 Apr 2010:

    setelah pulang dari perjalanan (yang sudah beberapa kalinya) baru kali ini saya merasakan sesuatu yang amat sangat… ketika kehilangan seorang “adik” sewaktu mendaki. namun entah mengapa satu tahun kemudian saya kembali lagi dan lagi hanya untuk mengenang seseorang itu…
    buku 5 cm yang mengajarkan berharganya seorang sahabat..
    agustus ini jika jalur pendakian dibuka, mudah – mudahan saya bisa kembali menapak di mahameru… sekali lagi terima kasih mas, terima kasih karena telah menyelesaikan buku ini… sehingga buku ini bisa terbaca oleh yang lain…

  92. krist, 22 Apr 2010:

    sebuah cerita yang membangun…

  93. taufiq, 28 Apr 2010:

    buku yang sangat memberi banyak hikmah …..
    mas donny kapan buat buku lagi

  94. cyu, 07 Jul 2010:

    kereeennn….
    pa taon 2010 gini masi ada buku 5 cm tu ?
    Qu pengen punya ~_~
    udah ke Gramed, tapi ga ada …

    Emang film nya kapan rilis ?

  95. inneh soim, 22 Jul 2010:

    sumpah,,,,,,,,,
    keren banget,,,,,,,,,
    ^^

  96. diah, 02 Oct 2010:

    buku yang sangat menariiikk, nyesell deh baru baca sekarang…

    wal hasil setelah khatam, saya jadi terus membalik balikkan lembar demi lembar, dan tak bosan membacanya… :D

    two thumbs up Mas :)

  97. Lambertus, 04 Oct 2010:

    Waduh, Mas Donny… saya kira mama Happy sama Ian, ternyata di infotainment nikahnya sama orang lain. Gimana nih? :P

    Saya juga selalu memikirkan hal itu, Mas, kalau lagi jalan-jalan ke toko buku, baik itu Gramedia, Togamas, atau yang lainnya. Kapan saya bisa bikin buku yang berjajar di rak-rak ini? Saya iri berat dengan semua penulis yang ada di situ. Bahkan penulis-penulis kecil yang masih sekolah, tapi ceritanya sudah dibukukan.

    Saya ingin sekali, Mas, bisa menerbitkan buku yang merupakan salah satu target saya tahun ini. Mohon doanya ya mas. Semoga novel yang kata-katanya sedang saya rangkai (di komputer) ini kelak bisa dinikmati banyak orang. Saya taruh itu 5 cm melayang di depan dahi saya. SEMANGAT!

  98. syavila, 10 Oct 2010:

    biasanya kalo baca novel yg lain aku nagis 1kali. tapi setelah aku baca novel 5cm aku nagis 2kali.yg wkt dienk ngirim surat sama andrian yg di mahameru.

  99. F pamungkas, 14 Oct 2010:

    baca berkali-kali juga ga bakalan bosen . hehe

    boleh ga bang . entah kapan , insyaallah
    sy klo pny anak sy kasi nama zafran jg deh
    hehe

  100. Hery, 21 Oct 2010:

    koq lom tayank juga ne film nya….

    pdahal gw da g sabr bgt ne pgen nonton….

    tq…

  101. Penginapan di jakarta, 17 Feb 2011:

    saya suka dengan judulnya .. apalagi orang yang ada di dalam foto .. keren he he he

  102. revi, 18 Jun 2011:

    emm… i like it mas… baru baca euy 5cm, the story behind, the dreams beyond…tapi baca novel nya dah lama dari yang minjem tapi pakek ngantri buat baca itu novel, karna tinggal diasrama hehehe :) ampe saya dah jadi best seller saya baca lagiiii… n pengen punya sendiri karna ngebaca 5″CM” buat saya ngak ngebosenin… banyak hal yang buat saya belajar tentang hidup dari baca 5 “cm”… ditunggu mas film nya.
    good luck yahhh n sukses terus y mas buat 5 “cm” movienya!!! :)

  103. Kasyno, 17 Nov 2011:

    How often do you update your blog? I’m waiting for more posts! :-)

  104. Arik, 05 Dec 2011:

    oke… baca tulisan behind the story nya 5 cm saya jadi merinding…

    lupa-lupa inget cerita novelnya *eh

    *lari ke gramed* :D

  105. ucup, 23 Dec 2011:

    5cm=mahameru

    buku yang baik, dan rapih

  106. Qonitarifah, 28 Dec 2011:

    wuahhh keren banget di balik cerita pembuatan buku ini. salut buat mas Doni, perjuangan sama kerja kerasnya top banget :)

  107. Nesya, 06 Jan 2012:

    Pertama saya ngeliat buku ini, saya kurang tertarik ama judulny, 5 CM. Buku apa ini, pinter matematika?.
    dulunya saya mikir ny gitu. Tapi salah seorang teman saya merekomendasikan buku ini. Dan saya NGGAK BISA BERHENTI BUAT NGEBCA BUKU INI AMPE HABIS HARI DALAM SATU HARI. Buku ini LUUAARR BBIIAASSSAA….
    Bagian cerita dan tokoh yang paling saya suka adalah IAN. Ian dan segala masalah perkuliahannya. Ceritanya hampir sama kayak saya. Saya mahsiswi yang sedang dalam tahap skripsi. Tapi skripsi bernasib sama kayak skripsinya Ian. Dinina bobokan selama satu semester, sementara saya nya kerjaany cuma main2 nggak jelas, jalan sana jalan sini. Intinya saya kebanyakan main2 selama proses pembuatan skripsi saya. Alasan saya karena nggak ada laptop atau komputer lah, biaya penelitian saya nggak ada lah. Padahal alasn yang benar cuma 1, MALAS.
    Saya bca kisah ny Ian, dan saya ngerasa itu saya. Ian adalah saya. Bedanya saya nggak gendut sama sekali dan nggak suka nonton apalagi ngoleksi bokep…Dan akhirnya saya belajar banyak hal dari Ian. Butuh pengorbanan yang besar untuk mendapat sesuatu yang besar pula. Saya berjanji untuk nggak nyerah seperti Ian. Untuk nggak berlama2 jatuh dan cepat bangkit lagi. Untuk tetap berusaha, walaupun kadang sepertiny usaha itu sia2, karena ternyata usaha itu nggak ada yang sia2.

    Dan kalau Ian bisa wisuda dalam waktu 2 bulan kenapa sya nggak bisa tamat semester ini…??
    Saya akan berjuang bersama “Ian-Ian” yang lain yang seangkatan dengan saya…

    Terima kasih mas Donny…
    Bukunya penuh inspirasi, dan semangat yang membangun bagi saya…

    God Bless You, Bro..^_^

  108. Stefani Pradita, 17 Feb 2012:

    amazing ^^
    awesome ^^

    uda baca sampe 5x..yg 1-3 ga modal,,(maksudnya minjem :p ),,
    lalu abis itu kyke ga puas klo ga punya bukunya sendirii,,akhirnya beli dehh..hehehe

    dan skrg ga sabar banget bwt liat movienyaaa,, :)

  109. seftian, 20 Feb 2012:

    jujur bang dony, saya dah baca novel ini 3 tahun yang lalu. tp smpe saat ini saya selalu berharap novel ini diangkat kelayar lebar. sumpah keren bangt ni novel….

  110. seftian, 20 Feb 2012:

    selalu merinding kalau ada orang yang cerita tentang isi 5 cm. bang donny kalau berkenan saya pengen tau dong kapan syuttingny disemeru biar ane bisa dtng pengen liat nich. info ke twet tian_momon aja… pliss

  111. ilham, 19 Mar 2012:

    kapan pengambilan gambar di semerunya mas ?
    saya rencana ke semeru bulan juni 2012, semoga bertemu :)

  112. Real cheap Cigarettes, 23 May 2012:

    Cool:) I would say say it exploded my brain..!

  113. renny, 28 May 2012:

    buku n ceritanya keren bgd. kita seperti d bawa dalam alur ceritanay sendiri.d tgu film nya mas. bulan agustus saya mau k semeru. ad yang mau ikit ga??. :)

  114. suzzy ryuzaki, 30 May 2012:

    pada awalnya waktu ngeliat sampulnya “kok hitam ya,,kesannya gelap,,aneh,,namun dalam”
    dan ketika saya mulai membaca dari kata pengantar sampai daftar pustaka (emang ada novel pake daftar pustaka).. SUMPAHHHH..NI NOVEL KEREN BANGETTTTSSS…
    kalo saya punya 1o jempol..pasti langsung saya angkat semua tanpa ragu…

    5 cm membuat saya lebih mencintai diri ini, mencintai apa yang telah Tuhan beri, mencintai teman2 saya, dan lebih mencintai Indonesia…

    suatu hari nanti saya akan berada di puncak mahameru, mengibarkan semua keinginan dan cita-cita, mengibarkan setiap semangat dan kenangan yang telah membumbui hidup saya, mengibarkan berjuta keresahan yang sempat melanda, dan mengikrarkan di hati saya bahwa INDONESIA TANAH AIRKU, DIMANAPUN AKU BERADA DISITULAH JIWAKU BERSEMAYAM, KINI DAN NANTI…

    hehehe…

  115. alis, 10 Dec 2012:

    aku udah baca, waktu baca yang pas naik ke gunung, aku ngerasa ada banyak krikil kecil yg menghatam kepalaku, sampai ceritanhya.

  116. Harry, 14 Dec 2012:

    kereeen sumpah , jadi pengen naik ke puncak mahameru dan teriak I LOVE INDONESIA

    Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa

    TOP !!!!

  117. dame, 18 Dec 2012:

    kenapa dinamakan 5 cm ?

  118. zeyn, 29 Oct 2013:

    bang donny, kyaknya gua ngefans berat sama buku abang, sama abangnya juga.

  119. Santika, 19 Dec 2013:

    keren banget sumffeh :) aku jarang bohong :)aku benar-benar mau ke Mahameru <3 bersama sahabat-sahabat ku O:) I Love Indonesian :)

Beri tanggapan?